Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua DPD RI Berharap Wartawan Paling Depan Melawan Hoaks

Sabtu, 10 April 2021 – 14:19 WIB
Ketua DPD RI Berharap Wartawan Paling Depan Melawan Hoaks - JPNN.COM
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti bersama Senator asal Nusa Tenggara Timur (NTT) saat menggelar jumpa pers di Kampus Citra Bangsa Kupang, Nusa Tenggara Timur belum lama ini. Foto: Humas DPD RI.  

jpnn.com, BENGKULU - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengatakan salah satu tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia adalah maraknya peredaran hoaks atau kabar bohong.

Oleh karena itu, senator asal Jawa Timur ini berharap wartawan bisa meningkatkan kompetensi dan tampil menjadi yang terdepan melawan hoaks.

LaNyalla menyampaikan itu menanggapi pelatihan jurnalistik yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu. Kegiatan itu diikuti 50 wartawan dari berbagai media.

"Tantangan untuk wartawan tentu tidak mudah. Derasnya pemberitaan di media sosial di satu sisi merugikan wartawan. Apalagi tidak semua informasi di media sosial tersaring dengan baik dan akhirnya memunculkan hoaks," kata LaNyalla dalam keterangannya, Sabtu (10/4) pagi.

Dia menambahkan, masyarakat berhak mendapatkan informasi yang benar, mengedukasi dan bebas dari hoaks, agar informasi memberikan berita yang konstruktif. Menurutnya, pencerahan bagi masyarakat ada di tangan para jurnalis melalui goresan pena.

"Kami mengharapkan berita-berita yang disuguhkan merupakan berita yang mampu membuat masyarakat berpikir maju dan menginspirasi," ungkap LaNyalla.

Alumnus Universitas Brawijaya Malang itu menilai peran jurnalis dalam membangun paradigma masyarakat sangat besar. Hal itu mengingat media memiliki kemampuan melakukan agenda setting.

"Tulisan jurnalis bisa menumbuhkan imajinasi pembaca, dan menjadi kepanjangan dari pemerintah atau setiap pihak yang menyampaikan informasi yang baik dan berguna," kata anggota Dewan Kehormatan PWI Jawa Timur itu. (*/jpnn)

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berharap wartawan terus meningkatkan kompetensi, dan menjadi yang terdepan dalam melawan hoaks.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close