Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Komisi VI Tagih Keseriusan Pemerintah Mengembangkan Garam Industri

Sabtu, 19 September 2020 – 18:22 WIB
Komisi VI Tagih Keseriusan Pemerintah Mengembangkan Garam Industri - JPNN.COM
Tambak Garam. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Reza mengatakan, pemerintah harus mempunyai rencana induk pengembangan atau road map secara merinci untuk mengembangkan garam bahan baku industri.

Pasalnya, selama ini Indonesia memenuhi kebutuhan garam bahan baku industri melalui impor.

“Kadar NaCl pada garam yang kita produksi berkisar 92%-94%, sedangkan kebutuhan garam bahan baku industri memerlukan kadar NaCl 97%,” jelas Faisol.

Dia mengatakan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki potensi untuk memproduksikan garam bahan baku industri, karena NTT memiliki banyak faktor untuk memproduksi garam bahan baku industri.

"Mungkin NTT salah satunya," ungkap Faisol.

Salah satunya kelembaban udara. “Rata-rata kelembaban di berbagai daerah di Indonesia berkisar 75%-80%, NTT jauh di bawah itu,” tuturnya.

Dia menambahkan Provinsi NTT dapat dibangun industri-industri yang memproduksi garam bahan baku. Pemerintah diminta perlu serius mendorong industri produksi garam bahan baku. "Keseriusan pemerintah sangat penting," ungkap Faisol.

"Tidak ada alasan untuk tidak bisa menyediakan garam bahan baku industri. Secara teknologi Industri ini tidak membutuhkan teknologi yang rumit," Lanjut dia.

Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Reza mengatakan, pemerintah harus mempunyai rencana induk pengembangan atau road map secara merinci untuk mengembangkan garam bahan baku industri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close