Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Komunikolog: Persoalan Batu Bara di Jambi Harus Diambil Alih Pemerintah Pusat

Rabu, 29 Mei 2024 – 14:26 WIB
Komunikolog: Persoalan Batu Bara di Jambi Harus Diambil Alih Pemerintah Pusat - JPNN.COM
Komunikolog Politik dan Hukum Nasional Tamil Selvan. Foto: supplied

jpnn.com, JAMBI - Komunikolog Politik dan Hukum Nasional Tamil Selvan menyoroti kebijakan Pemprov Jambi yang melakukan pembatasan hingga penghentian pengangkutan batu bara melalui jalur darat dan jalur sungai.

Dia menilai bahwa penghentian ini merupakan bukti bahwa pemerintahan provinsi tidak mampu melakukan kelola teknis dalam menyelaraskan sektor investasi tambang yang ada di Jambi dengan kepentingan publik.

Sehingga, kata Kang Tamil -panggilan akrabnya-, persoalan ini harus diambil alih oleh pemerintahan pusat.

"Kita, kan, jadi binggung, tambang batu bara ini ada sejak puluhan tahun, kenapa baru sekarang timbul masalah dan dilakukan pembatasan pengangkutan seperti ini? Jadi, jelas ini bentuk ketidak mampuan dalam mengelola. Saya kira persoalan ini perlu segera diambil alih oleh pemerintah pusat, sebab selain menganggu iklim usaha dan investasi, tentu pasokan batubara ke PLN dan sektor dalam negeri lainnya juga terganggu," ujar Dosen Universitas Dian Nusantara ini dalam keterangan.

Di sisi lain, pakar komunikasi politik ini melihat jangan sampai kebijakan penghentian tersebut diambil dalam rangka kepentingan politik menuju Pilkada Serentak pada Oktober 2024 nanti.

"Di satu sisi penghentian angkutan batu bara ini jelas membuat Indonesia dipandang sebagai negara yang tidak berkepastian hukum, karena perusahaan dengan segala legalitasnya yang diterbitkan oleh pemerintah pusat tetap tidak bisa beroperasi hanya karena kebijakan pemerintah daerah. Di sisi lain, jangan sampai kebijakan ini hanya membuai masyarakat secara sementara guna meningkatkan kesukaan masyarakat pada pimpinan pemerintahan karena akan menghadapi pilkada, ini yang perlu menjadi konsen pemerintah pusat," ungkapnya.

Dia juga mengimbau agar Komisi V dan Komisi VII DPR dapat turun tangan menyelesaikan masalah ini dan mengambil solusi terbaik. Sebab menurutnya, penghentian sementara ini bukan solusi.

"Pak Jokowi bergiat agar investor asing mau melirik Indonesia sebagai tujuan investasinya, namun dengan tidak adanya kepastian hukum seperti ini, jangankan investor asing, investor lokal juga akan berfikir ulang. Jadi saya himbau agar kembali jalur darat dan jalur sungai dibuka, kalaupun ada hal-hal lain yang perlu menjadi perhatian khusus dari sisi pengusaha, saya kira mereka pasti ikut aturan," lanjutnya.

Pemprov Jambi melakukan pembatasan hingga penghentian pengangkutan batu bara melalui jalur darat dan jalur sungai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close