Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPK Bentuk Tim Kajian Dana PSSI

Sabtu, 08 Januari 2011 – 08:07 WIB
KPK Bentuk Tim Kajian Dana PSSI - JPNN.COM
Foto: Dok.JPPhoto
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan akan terus melakukan penelusuran terkait pengelolaan dana PSSI yang bersumber dari APBN. Lembaga antikorupsi itu telah membentuk tim khusus yang bertugas melakukan kajian atas dana tersebut. Dalam proses pengkajian tersebut, KPK akan berkoordinasi dengan Kemenpora untuk mengumpulkan sejumlah informasi terkait.

"Ini seperti kajian penyelenggaraan haji yang pernah kita lakukan di Kemenag. Dalam kaitan mengkaji ini (dana PSSI), kita bisa terima informasi dari Kemenpora," papar Juru Bicara KPK Johan Budi, di Jakarta, kemarin (7/1).

Johan memaparkan, kajian terhadap sistem pengelolaan anggaran olahraga ini tidak dilakukan secara tiba-tiba. Dia menyebutkan, hal tersebut menindaklanjuti informasi dari masyarakat. Informasi tersebut terkait adanya penggunaan dana yang berasal dari APBN dan APBD dalam anggaran sepakbola Indonesia, yang tidak diaudit secara transparan.

Untuk itu, lembaga superbodi itu tidak hanya akan mengkaji dana PSSI yang bersumber dari APBN, namun juga penggunaan dana klub-klub sepakbola yang berasal dari APBD. Dalam hal ini, KPK juga memastikan apakah pemakaian uang negara oleh sejumlah klub tersebut, dilakukan secara transparan dan akuntabel. "Termasuk klub (juga dikaji) karena adadana APBD. Maksud kita agar penggunaan dana lebih transparan dan akuntabel demi persepakbolaan yang lebih maju," imbuh Johan.

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan akan terus melakukan penelusuran terkait pengelolaan dana PSSI yang bersumber dari APBN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA