Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPK Tahan Orang Kepercayaan Zumi Zola, Begini Aksinya

Kamis, 04 November 2021 – 20:00 WIB
KPK Tahan Orang Kepercayaan Zumi Zola, Begini Aksinya - JPNN.COM
Zumi Zola. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penahanan terhadap orang kepercayaan Zumi Zola, Apit Firmansyah.

Dia ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus penerimaan gratifikasi terkait pengadaan barang dan jasa di Jambi pada 2016-2021.

"Ditahan selama 20 hari pertama," kata Direktur Penyidikan KPK Setyo Budiyanto dalam konferensi pers di kantornya, kawasan Jakarta Selatan, Kamis (4/11).

Perwira Polri pangkat Inspektur Jenderal itu mengatakan Apit merupakan orang kepercayaan Zumi sejak 2010. Dia selalu membantu Gubernur Jambi itu untuk berkampanye serta mencari suara.

Zumi Zola, kata Setyo, lalu meminta Apit mengurus pekerjaan dan keperluan pribadinya.

Apit juga sering diperintah untuk menarik uang ke beberapa kontraktor proyek saat Zumi menjabat sebagai Gubernur Jambi. Total, ada Rp46 miliar uang dikumpulkan dari kontraktor.

"Sebagian diberikan kepada anggota DPRD Provinsi Jambi terkait uang ketok palu pembahasan RAPBD tahun 2017," ujar Setyo.

Selain itu, lanjut Setyo, Apit diduga menerima uang panas yang telah dikumpulkannya itu.

KPK melakukan penahanan terhadap orang kepercayaan Zumi Zola, Apit Firmansyah. Tersangka menggalang kekuatan hingga mengutip dari kontraktor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close