Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lestari Moerdijat Dorong Bangun Kemandirian & Tanggung Jawab Generasi Penerus Bangsa

Rabu, 19 Juni 2024 – 21:55 WIB
Lestari Moerdijat Dorong Bangun Kemandirian & Tanggung Jawab Generasi Penerus Bangsa - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mendorong agar karakter kemandirian dan tanggung jawab setiap anak bangsa harus mampu diwujudkan. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan pentingnya membangun karakter yang kuat setiap anak bangsa.

Menurutnya, hal ini sebagai upaya mewujudkan kemandirian dan tanggung jawab generasi penerus bangsa dalam menjawab berbagai tantangan sekarang maupun di masa depan.

"Karakter kemandirian dan tanggung jawab setiap anak bangsa harus mampu diwujudkan sebagai bagian mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang tangguh dalam menghadapi tantangan berbangsa dan bernegara di masa depan," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/6).

Rerie yang akrab disapa menyampaikan survei CareerBuilder pada 2021 mencatat gen Z berpindah pekerjaan dengan rata-rata durasi dua tahun tiga bulan dalam satu posisi.

Hal itu lebih singkat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

"Kondisi itu diperparah adanya upaya penyelamatan orang tua yang terus bekerja keras agar mereka yang sebetulnya sudah bisa mandiri tetap bisa makan," ungkap Rerie.

Dia menyampaikan Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2023 menunjukkan dari 44,47 juta penduduk usia 15-24 tahun di Indonesia, terdapat 9,9 juta atau 22,25 persen yang tidak melakukan aktivitas produktif.

Menurut Rerie, sejumlah catatan yang memperlihatkan indikasi rapuhnya Gen Z dalam menghadapi sejumlah tantangan tersebut, membutuhkan langkah segera untuk membangun karakter generasi muda agar memiliki kemandirian dan tanggung jawab yang tinggi.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mendorong agar karakter kemandirian dan tanggung jawab setiap anak bangsa harus mampu diwujudkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close