Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lihat Nih, Ada Ban Anti-Kempis Rancangan TNI AD

Rabu, 05 Agustus 2020 – 10:36 WIB
Lihat Nih, Ada Ban Anti-Kempis Rancangan TNI AD - JPNN.COM
Ban antikempis rancangan Poltekad sedang diuji coba di medan berbatuan. Foto: YouTube/TNI AD

jpnn.com, JAKARTA - Pengembangan teknologi otomotif tak hanya dilakukan kalangan industri. Sebab, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) pun mampu melakukannya.

TNI AD melalui Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) telah mengembangkan teknologi ban tanpa udara. Ban itu diyaini anti-bocor maupun pecah.

Perwira Teknis 2 Poltekad Letda ARM Farid Hendro mengatakan, pengembangan ban tanpa udara itu sudah sangat dibutuhkan oleh militer. Sebab, hampir semua prajurit menggunakan kendaraan.

"Mobilisasi prajurit khususnya di TNI AD sekarang rata-rata menggunakan kendaraan. Kami dihadapkan dengan kelemahan oleh ban yang menggunakan angin itu sangat menggangu mobilitas prajurit yang sedang mengendarainya," kata Farid dalam video di kanal TNI AD di YouTube, Rabu (5/8).

Oleh karena itu Poltekad mempunyai ide untuk membuat sebuah ban yang tidak bisa bocor atau pecah. Dengan demikian ban itu itu mendukung mobilitas kendaraan tempur TNI.

"Ban ini jika kena tembakan oleh musuh di medan perang masih bisa digunakan," tuturnya.

Dalam video tersebut, ban antikempis dan kebal peluru itu tampak dipasang pada kendaraan medis TNI AD berjenis pikap kabin ganda. Ban itu dibuat menyatu dengan pelek yang dirancang khusus dan dipasang memakai lima baut pada dudukan rodanya.

Menariknya, mobil yang memakai ban itu bisa dibawa melaju di berbagai medan jalan baik yang rata, berbatuan kasar hingga melindas  paku. Ban itu tidak terlihat kempis. (ddy/jpnn)

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat atau TNI-AD mengembangkan ban anti kempis hingga pecah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   TNI  TNI AD  Poltekad 
BERITA LAINNYA
X Close