Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Makan Ikan Bisa Mencegah Penyakit Parkinson?

Selasa, 26 Juni 2018 – 16:47 WIB
Makan Ikan Bisa Mencegah Penyakit Parkinson? - JPNN.COM
Ilustrasi wanita yang sedang memakan ikan. Foto:

jpnn.com - Diet tinggi ikan bisa menjadi kunci untuk mencegah penyakit Parkinson. Hal ini menurut sebuah studi baru dari Chalmers University of Technology di Swedia.

Parvalbumin, protein yang ditemukan dalam jumlah tinggi dalam beberapa jenis spesies ikan, bisa mencegah penyakit degeneratif dengan mencegah pembentukan struktur protein tertentu yang terkait erat dengannya.

Meskipun ikan telah lama dianggap sebagai makanan sehat karena kandungan tinggi asam lemak omega-3 dan -6 serta efek kognitif positif jangka panjangnya, penelitian baru menunjukkan parvalbumin juga bisa berkontribusi terhadap pencegahan Parkinson.

Tanda penanda penyakit Parkinson adalah pembentukan amyloid dari protein alfa-sinuklein.

Para peneliti menemukan bahwa parvalbumin membentuk struktur amyloid yang bergabung bersama dengan protein alpha-synuclein dan menggunakannya untuk tujuan sendiri dengan cara yang mencegah protein berbahaya membentuk struktur yang berpotensi merusak nantinya.

Karena parvalbumin sangat melimpah dalam ikan, meningkatkan asupan makanan ini bisa menjadi salah satu cara mudah untuk mencegah penyakit Parkinson, gangguan neurodegeneratif dari sistem saraf pusat yang mengakibatkan tremor, masalah keseimbangan dan kekakuan anggota tubuh.

Ikan dengan parvalbumin paling banyak termasuk ikan haring, ikan cod, ikan mas dan ikan merah, termasuk salmon sockeye dan ikan kakap merah.

"Ikan lebih bergizi pada akhir musim panas dan tingkat protein yang menguntungkan lebih tinggi karena mereka sudah terpapar ke lebih banyak sinar matahari," kata rekan penulis Nathalie Scheers, asisten profesor di Departemen Biologi dan Teknik Biologi di Universitas Chalmers, seperti dilansir laman MSN, Senin (25/6).

Tanda penanda penyakit Parkinson adalah pembentukan amyloid dari protein alfa-sinuklein.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close