Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Makin Panas, Lebanon Terancam Di-Qatar-kan Saudi Cs

Rabu, 15 November 2017 – 15:09 WIB
Makin Panas, Lebanon Terancam Di-Qatar-kan Saudi Cs - JPNN.COM
Poster PM Lebanon Saad Al Hariri di Beirut. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIRUT - Bikin Arab Saudi kesal, siap-siap dikucilkan negara-negara Teluk. Qatar sudah merasakan taktik bullying itu, dan kini Lebanon terancam bernasib sama.

Kekhawatiran itu muncul setelah para petinggi di Beirut melihat pidato Saad Al Hariri pada Minggu malam (12/11).

Mantan perdana menteri Lebanon itu menegaskan, Hizbullah harus menepati kesepakatan saat membentuk pemerintahan koalisi. Yaitu, tidak terlibat dalam konflik regional.

Jika Hizbullah melanggar, negara-negara Arab bakal menjatuhkan sanksi pada negara yang dipimpin Presiden Michel Aoun tersebut.

’’Wawancara yang dilakukan Hariri (dengan Future TV) mengindikasikan apa yang akan terjadi kepada kami jika tidak ada kompromi (dari Hizbullah). Contohnya sudah ada di Qatar,’’ tegas sumber Reuters di Lebanon.

Qatar sudah merasakan sanksi ekonomi dari Saudi dan sekutu-sekutunya. Namun, negara itu kaya gas alam dan jumlah penduduknya hanya 30 ribu orang sehingga tidak terlalu terpukul. Mereka menggunakan uangnya yang berlimpah untuk membeli kebutuhan dari negara lain.

Tetapi, jika sanksi tersebut diterapkan kepada Lebanon, pukulannya bakal benar-benar terasa. Sebab, negara itu selama ini bergantung sekali dengan bantuan dari negara asing.

’’Satu-satunya tekanan yang dimiliki Saudi adalah ekonomi. Mereka bisa menekan dengan menerapkan sanksi yang dapat melukai (perekonomian),’’ ujar salah seorang pemimpin tertinggi sebuah bank di Lebanon.

Petinggi Lebanon mulai khawatir Arab Saudi akan menggunakan taktik intimidasi yang sama seperti terhadap Qatar

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close