Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Maksimalkan Alsintan : Jangan Biarkan Lahan 'Tidur'

Selasa, 08 Mei 2018 – 21:02 WIB
Maksimalkan Alsintan : Jangan Biarkan Lahan 'Tidur' - JPNN.COM
Mentan Arman di sela acara olah tanah menggunakan alsintan di Desa Kembangan, Kecamatan Bukateja, Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa (8/5). Foto: Istimewa

jpnn.com, PURBALINGGA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meminta petani memaksimalkan alat mesin pertanian (alsintan) yang diberikan.

Sebab, banyak manfaat dari penggunaan inovasi tersebut misalnya, menurunkan biaya olah lahan hingga 30 persen. Proses tanam pun menjadi lebih cepat.

"Dulu proses tanam untuk satu hektar lahan butuh 25 orang. Sekarang cukup hanya dengan rice transplanter," ujarnya di sela acara olah tanah menggunakan alsintan di Desa Kembangan, Kecamatan Bukateja, Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa (8/5).

"Olah tanam, dulu pakai kerbau butuh lima hari. Sekarang dengan traktor hanya butuh tiga jam, satu hektare selesai diolah," ujar Amran

Alsintan juga akan meningkatkan indeks pertanaman (IP). Yang biasanya satu kali tanam dalam setahun, kini bisa meningkat tiga kali lipat.

"Juga meningkatkan produktivitas, karena tepat waktu," lanjutnya. Untuk itu, Amran mengimbau, "Jangan berikan kesempatan lahan untuk 'tidur' (tidak produktif, red)."

Amran juga mengingatkan bahwa pemanfaatan alsintan mampu menghemat anggaran dan menggenjot produksi setara Rp 316 triliun.

Itu mendorong Kementerian Pertanian (Kementan) sejak tahun 2015 sampai sekarang telah mengucurkan bantuan sebanyak 300 ribuan unit alsintan.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meminta petani memaksimalkan alat mesin pertanian (alsintan) yang diberikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close