Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Masa Jabatan 56 Kepala Desa di Bangka Tengah Diperpanjang

Minggu, 09 Juni 2024 – 17:15 WIB
Masa Jabatan 56 Kepala Desa di Bangka Tengah Diperpanjang - JPNN.COM
Kepala Dinas Sosial dan Pemerintah Desa Kabupaten Bangka Tengah Padlillah. ANTARA/Ahmadi.

jpnn.com - KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, memperpanjang masa jabatan 56 kepala desa di kabupaten tersebut.

Kepala Dinas Sosial dan Pemerintah Desa Bangka Tengah Padlillah mengatakan perpanjangan jabatan kepala desa itu sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. 

Dia menjelaskan bahwa dalam UU itu masa jabatan kades diperpanjang menjadi delapan tahun dan hanya boleh menjabat selama dua periode.

"Sebelumnya jabatan kades hanya enam tahun namun diperbolehkan menjabat selama tiga periode sepanjang masih terpilih," katanya di Koba, Minggu (9/6).

Dia mengatakan kepala desa sebelumnya berstatus PAW atau yang habis masa jabatan atau yang dipilih pada 2022 akan diperpanjang 2 tahun lewat SK bupati dengan dasar UU Nomor 3 Tahun 2024 itu.

Menurut dia, pihaknya akan menyiapkan SK perpanjangan tersebut paling lambat September 2024 dan akan dikukuhkan ulang oleh Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman.

"Jadi, 56 kepala desa ini nanti akan dikukuhkan kembali oleh bupati dan kami targetkan September 2024 sudah dikukuhkan," ujarnya.

Dia mengimbau para kades selalu mematuhi peraturan dan menjaga etika sebagai pejabat desa, serta tidak melanggar kode etik sebagai pejabat yang ada di desa.

Pemkab Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, akan memperpanjang masa jabatan 56 kepala desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close