Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mayoritas Hotel Tak PHK Karyawan karena Tidak Mampu Kasih Pesangon

Rabu, 08 April 2020 – 18:39 WIB
Mayoritas Hotel Tak PHK Karyawan karena Tidak Mampu Kasih Pesangon - JPNN.COM
Ketum PHRI Hariyadi B Sukamdani menyebut banyak pelaku usaha hotel tidak mampu membayar THR karyawan tahun ini. Ilustrasi Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Mayoritas pelaku usaha hotel kemungkinan besar tidak bisa membayarkan THR (Tunjangan Hari Raya) tahun ini.

Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengatakan, hal ini karena bisnis hotel yang melambat dan bahkan tutup akibat mewabahnya virus corona jenis baru (COVID-19).

"Kalau hotel kemungkinan besar yang masih bisa membayar THR jumlahnya sedikit. Dan itu kemungkinan juga tidak penuh karena seperti tadi saya bilang, kalau tidak ada cashflow-nya, apa yang mau diberikan. Masalah besarnya di situ," katanya di Jakarta, Selasa (7/4).

Hariyadi mengungkapkan hingga Senin (6/4) sore telah menerima laporan sebanyak 1.266 hotel tutup karena terdampak mewabahnya COVID-19.

Meski belum ada data spesifik mengenai jumlah karyawan yang terdampak penutupan hotel, ia memperkirakan lebih dari 150 ribu karyawan ikut kena imbasnya.

Menurut Hariyadi, selama ini usaha perhotelan tidak pernah bermasalah mengenai pembayaran THR. Namun, kondisi kali ini sangat luar biasa dampaknya bagi industri tersebut.

Terhadap karyawan dari 1.266 hotel yang tutup, semua karyawannya kini berstatus cuti di luar tanggungan perusahaan.

Pengusaha hotel tidak mengambil jalan pemutusan hubungan kerja (PHK) karena perusahaan tidak memiliki dana untuk memberikan pesangon.

Ketum PHRI Hariyadi Sukamdani menyebut banyak pelaku usaha hotel memilih tidak melakukan PHK karyawannya di saat terjadi wabah virus corona COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close