Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menakertrans: Pengurusan Exit Permit TKI Overstayer Dipercepat

Senin, 07 Februari 2011 – 21:20 WIB
Menakertrans: Pengurusan Exit Permit TKI Overstayer Dipercepat - JPNN.COM
JAKARTA--Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi telah melakukan pertemuan bilateral untuk membahas proses pemulangan TKI yang Arab Saudi, terutama yang berada di Kolong Jembatan Kandara di Jeddah Arab Saudi.

"Dalam pembicaraan yang  telah berlangsung dua hari,  disepakati untuk mempermudah pengurusan exit permit yang melibatkan majikan dan TKI. Jadi kesulitannya adalah masalah exit permit. Bukan pada masalah dana pemulangan. Maka penyerahan uang itu salah alamat kalau ke sini, “kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar saat menerima Migrant Care yang dipimpin Anis Hidayah yang bermaksud menyerahkan hasil koin TKI di kantor Kemenakertrans, Senin (7/2).

Muhaimin mengatakan, sebenarnya tak ada permasalahan mengenai dana pemulangan TKI dari Arab Saudi karena pemerintah memiliki dana lintas kementerian yang melibatkan 4 Kementerian yang dikoordinasi oleh Kemenko Pulhukam dan Kemenko Kesra. “Pemerintah sudah memiliki anggaran khusus pemulangan tki. Di jeddah itu hampir setiap hari pemulangan dilakukan. Pokoknya begitu exit permit didapat langsung akan dipulangkan,” imbuhnya.

Dikatakan Muhaimin, TKI yang ditampung di KJRI Jeddah tidak kurang dari 160-200 orang. Untuk di Riyadh ada 200an orang. Jadi, hampir setiap hari ada pemulangan. Memang harus diselesaikan dan dipenuhi dulu hak-haknya mereka agar dulu sebelum dipulangkan.

JAKARTA--Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi telah melakukan pertemuan bilateral untuk membahas proses pemulangan TKI yang Arab Saudi,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA