Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menkeu Yakin Ekonomi Indonesia Tetap Tumbuh di Tengah Badai Virus Corona

Rabu, 19 Februari 2020 – 23:34 WIB
Menkeu Yakin Ekonomi Indonesia Tetap Tumbuh di Tengah Badai Virus Corona - JPNN.COM
Sri Mulyani. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Di tengah mewabahnya virus corona dan potensi dampaknya pada perlambatan ekonomi global, Menteri Keuangan Sri Mulyani masih optimistis dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini sebesar 5,3 persen.

"Kita akan lihat dampaknya ke ekonomi kita, karena itu pasti berpengaruh ke PDB China," kata Sri Mulyani dalam jumpa pers perkembangan APBN 2020 di Jakarta, Rabu.

Sri Mulyani mengatakan virus corona dapat memengaruhi perekonomian global mengingat Tiongkok merupakan perekonomian terbesar kedua di dunia dan berkontribusi terhadap 17 persen PDB global.

Meski demikian, Tiongkok telah berupaya sebaik mungkin untuk menahan penyebaran virus corona, dengan menjaga mobilitas penduduk hingga kejadian ini masih terkendali dan belum mencapai tahapan pandemi.

Ia bahkan memprediksi Tiongkok akan melakukan kebijakan "countercyclical" melalui ekspansi fiskal maupun kredit, sehingga ekonomi Negara Tirai Bambu itu bisa kembali naik pada triwulan II atau III-2020.

Menurut Sri Mulyani, negara yang terlibat perang dagang dengan AS ini pernah melakukan kebijakan tersebut, ketika terjadi krisis finansial pada 2008 dan hasilnya mampu meningkatkan kinerja ekonomi.

"Kita lihat pada triwulan satu ini, dan biasanya setelah itu ada stimulus China, itu luar biasa dampaknya ketika mereka melakukan countercyclical pada 2008," ujarnya.

Dengan perkiraan adanya pembenahan dari Tiongkok, ia menyakini kinerja ekonomi global masih dapat terkendali, apalagi pemerintah sudah menyiapkan stimulus belanja untuk menjaga kondisi domestik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani, masih optimistis dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini sebesar 5,3 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close