Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mentan SYL Jamin Ketersediaan Beras Cukup Hingga Akhir 2020

Jumat, 25 September 2020 – 21:00 WIB
Mentan SYL Jamin Ketersediaan Beras Cukup Hingga Akhir 2020 - JPNN.COM
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpol (SYL). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo optimistis bahwa stok beras di Indonesia masih cukup ketersediaannya sampai akhir tahun 2020.

Hal itu diungkapkan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) Kementerian Lembaga 2020, di Bintan, Kepulauan Riau.

Mentan SYL memerinci bahwa pada Musim Tanam I yakni dari Januari hingga Juni 2020, terdapat 23 juta ton beras, dan konsumsi beras masyarakat hanya sekitar 15 juta ton lebih. 

"Stok Juli-Agustus itu ada 7,83 juta ton beras, dengan stok yang ada, maka sampai akhir tahun, Alhamdulillah Indonesia memiliki stok beras yang cukup," kata Mentan menjelaskan ketercukupan stok beras nasional dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/9).

Terkait dengan Musim Tanam II, kata mantan Bupati Gowa tersebut pemerintah senantiasa akselerasi produksi beras pada lahan eksisting seluas 7,5 juta hektare dengan keadaan lahan yang sudah tertanam 87 persen dan diperkirakan dapat menghasilkan kurang lebih 15 juta ton beras.

Mentan SYL menambahkan, bahwa proses produksi yang berjalan tersebut membutuhkan penyerapan produksi beras secara masif, agar keseimbangan harga panen tetap terjaga.

"Musim panen biasanya harga menurun, dan kami harus intervensi. Kami harus mempersiapkan daya serap, tidak cukup hanya dengan Bulog, tapi dengan sinergi kementerian lain, dan seperti BUMN ada Berdikari, Pertani dan yang lain," tambahnya.

Terkait dengan dukungan pembiayaan bagi petani, selain dana APBN, kata Mentan SYL, pertanian juga mendapatkan dukungan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pendampingan sebanyak 34,2 triliun.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo optimistis bahwa stok beras di Indonesia masih cukup ketersediaannya sampai akhir tahun 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close