Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Siti Ungkap Data Perizinan Hutan Masa Lalu

Kamis, 05 April 2018 – 11:06 WIB
Menteri Siti Ungkap Data Perizinan Hutan Masa Lalu - JPNN.COM
Menteri LHK Siti Nurbaya. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar mengurai langkah-langkah koreksi sektor kehutanan di era pemerintahan Joko Widodo.

Uraian ini dilengkapi dengan membuka data evolusi kawasan hutan Indonesia dari masa ke masa.

''Data ini sudah lama kawan-kawan media minta. Biar masyarakat bisa melihat secara utuh, datanya kita buka,'' kata Menteri Siti dalam siaran persnya

Data tersebut tertuang dalam paparan Menteri Siti berjudul 'Evolusi Kawasan Hutan, TORA, dan Perhutanan Sosial' yang disampaikannya kepada kalangan media pada diskusi Forum Merdeka Barat 9.

Publik juga bisa mengaksesnya melalui akun website www.sitinurbaya.com dengan judul yang sama.

''Nanti bisa dilihat semua bagaimana langkah koreksi Presiden Jokowi melalui skema Reforma Agraria dan Perhutanan Sosial. Keberpihakan pemerintah tidak lagi pada swasta, tapi kepada rakyat,'' kata Menteri Siti.

Tercatat selama tujuh periode kabinet pemerintah, izin yang dikeluarkan mencapai 42.253.234 ha. Hampir 95% kawasan ini dikuasai oleh swasta (perusahaan), hanya sekitar 4,14% yang dikelola masyarakat.

''Nah, bagian-bagian itulah yang dikoreksi atau disebut corrective action. Pak Presiden minta ke saya, sekarang konsentrasikan untuk rakyat. Sambil juga kita ketatkan pengawasan pada ijin-ijin yang ada,'' kata Menteri Siti.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengurai langkah koreksi yang dilakukan Presiden Joko Widodo terkait ketimpangan perizinan hutan di masa lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close