Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Meski Sudah Divaksin, Imunitas Tubuh Tetap Harus Dijaga

Rabu, 28 April 2021 – 17:32 WIB
Meski Sudah Divaksin, Imunitas Tubuh Tetap Harus Dijaga - JPNN.COM
Suplemen IMBOOST. Foto dok SOHO

jpnn.com, JAKARTA - Dokter Spesialis Paru, Dr.dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K) mengingatkan kepada masyarakat yang sudah divaksin supaya tidak abai menjalankan protokol kesehatan.

Mengingat kasus positif Covid-19 harian tetap ada. Bahkan, sudah mulai 6.000-an lagi per harinya.

Oleh karena itu, Indonesia masih perlu waspada, karena  baru melakukan vaksinasi 2 persen dari target jumlah orang yang divaksin.

"Harus diingatkan menjalankan 5M  dan juga menjaga imunitas tubuh adalah sesuatu yang penting, agar pencegahan bisa benar-benar dilaksanakan. Kita sudah sangat menderita, karena pandemi tidak kunjung selesai,” ujar dokter dari Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Menurut dr. Erlina, sebenarnya Indonesia bisa belajar dari India, yang baru-baru ini mengalami tsunami Covid-19, hingga jumlah kasus yang terinfeksi mencapai 200 ribu per harinya. 

“Ini terjadi karena masyarakat abai dengan protokol kesehatan dan karena mereka merasa sudah divaksin. Belajar dari India, maka vaksin bukan segala-galanya. Kalau sudah divaksin, jangan eforia dan abai dengan prokes,” serunya.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Alergi Immunologi, Dr. dr. Gatot Soegiarto, Sp.PD-KAI, FINASIM juga menegaskan tidak ada perlindungan yang sifatnya seratus persen dari vaksin.

Perlindungan 50 persen artinya kalau dibandingkan orang yang tidak divaksin, orang yang divaksin risiko tertularnya 50 persen lebih rendah.

Kalau sudah divaksin, jangan eforia dan abai dengan prokes. Orang dengan gizi bagus respon antibodi lebih tinggi dibandingkan dengan yang bergizi buruk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close