Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nadiem Sebut 1,6 Juta Guru Pakai Platform Merdeka Mengajar, Begini Manfaatnya

Selasa, 27 September 2022 – 07:48 WIB
Nadiem Sebut 1,6 Juta Guru Pakai Platform Merdeka Mengajar, Begini Manfaatnya - JPNN.COM
Mendikbudristek Nadiem Makarim bicara platfrom Merdeka Mengajar Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengeklaim 1,6 juta guru telah menggunakan platform Merdeka Mengajar.

Nadiem menyebut platform tersebut memberikan sejumlah manfaat, antara lain membantu para guru mengakses materi ajar dan bahan ajar berkualitas, mengakses pelatihan mandiri kapan pun dan di mana pun.

"Serta membantu guru menginspirasi rekan sejawat dan terkoneksi ke banyak komunitas guru di tanah air," kata Nadiem dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR yang dipantau di Jakarta, Senin (26/9).

Dia menjelaskan aplikasi yang dibuat dalam kurun waktu enam bulan itu juga mendapatkan rating yang tinggi. Sebab, fitur-fiturnya sesuai permintaan para guru.

Pada platform Merdeka Mengajar itu juga terdapat 55.000 konten pelatihan mandiri.

Nadiem mengeklaim kehadiran platform itu bisa menghemat anggaran untuk pelatihan perubahan kurikulum yang dahulu bisa mencapai Rp 2 triliun per tahun.

"Sekarang bayangkan semua perubahan transisi kurikulum kita, yang 144.000 sekolah memilih kurikulum baru itu bisa dilakukan melalui platform ini. Bisa dibayangkan berapa banyak anggaran yang bisa dihemat," ujar dia.

Melalui platform tersebut ada 3.500 komunitas pengajar dan 92.000 konten telah diunggah para guru.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menyebut platfrom Merdeka Mengakar sudah digunakan 1,6 juta guru. Mafnaatnya banyak banget. Begini penjelasan Mas Menteri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close