Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Negara Dirugikan Rp 202 Miliar, KPK Bidik Waskita Karya

Rabu, 02 Maret 2022 – 23:17 WIB
Negara Dirugikan Rp 202 Miliar, KPK Bidik Waskita Karya - JPNN.COM
KPK bidik PT Waskita Karya. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berupaya mengembalikan kerugian negara yang ditimbulkan dari kasus korupsi proyek fiktif PT Waskita Karya (BUMN). Apabila cukup bukti, KPK tak segan untuk menjerat perusahaan negara tersebut sebagai tersangka korporasi. 

"Kami masih mengejar dulu tentang pengembalian hasil recovery, itu menjadi bahan diskusi di tingkat kami," kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (2/3). 

Eks Kapolda DIY itu menyatakan pihaknya memaksimalkan pemulihan kerugian keuangan negara akibat korupsi proyek fiktif di PT Waskita Karya. KPK mencatat kerugian negara yang timbul akibat korupsi itu senilai Rp 202 miliar. 

Menurut Karyoto, pihaknya selanjutnya membahas tindak lanjut arah pengembangan kasus proyek fiktif tetsebut. Salah satu pembahasan terkait upaya pemidanaan korporasi. 

"Apalagi ini kalau memang menyangkut BUMN, nanti diskusi yang perlu ditindaklanjuti lebih lanjut. Karena pada prinsipnya ketika sebuah perusahaan dikorporasikan itu dendanya hanya maksimal Rp 1 miliar," ujar Karyoto.

KPK sebelumnya telah menyetorkan Rp 3,8 miliar terkait perkara korupsi proyek fiktif PT Waskita Karya ke kas negara. Uang tersebut merupakan uang denda dan duit pengganti dari terpidana mantan Kepala Divisi (Kadiv) II PT Waskita Karya Fathor Rachman. 

Kewajiban Fathor untuk membayar denda dan uang pengganti dalam perkara itu merupakan perintah Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat dengan nomor:59/Pid.Sus/TPK/2020/PN.Jkt. Pst tanggal 26 April 2021. (tan/jpnn)

KPK berupaya mengembalikan kerugian negara yang ditimbulkan dari kasus korupsi proyek fiktif PT Waskita Karya. Lembaga antirasuah tengah memasang strategi.

Redaktur : Adil
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close