Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pak Jokowi Marah, Mas Adi Prayitno Sebut Kemenkes Babak Belur

Rabu, 01 Juli 2020 – 23:59 WIB
Pak Jokowi Marah, Mas Adi Prayitno Sebut Kemenkes Babak Belur - JPNN.COM
Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Adi Prayitno menilai Kementerian Kesehatan (Kemenkes) paling babak belur menjadi bulan-bulanan warganet.

Penilaian Adi itu didasari analisisnya menyusul viral video yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menumpahkan kejengkelannya di hadapn para menteri saat sidang paripurna Kabinet Indonesia Maju (KIM) yang digelar di Istana Negara, Jakarta, 18 Juni lalu.

Presiden Jokowi dalam rapat itu menyoroti realisasi anggaran sektor kesehatan yang sangat minim. Dari Rp 75 triliun yang dianggarkan dalam APBN 2020, yang sudah terealisasi baru 1,53 persen.

"Saya kira Kementerian Kesehatan memang paling banyak disorot, bahkan babak belur jadi bulan-bulanan netizen," ujar Adi kepada jpnn.com, Rabu (1/7).

Meski demikian, Adi tidak yakin Presiden Jokowi akan mencopot Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto ataupun menteri lainnya. Dosen di Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah Jakarta itu menduga para menteri kemungkinan hanya mendapat teguran.

"Jadi, belum tentu terjadi reshuffle. Paling mungkin hanya sebatas teguran," ucapnya.

Direktur eksekutif Parameter Politik Indonesia itu juga memberi penilaian yang sama terkait peluang reshuffle terhadap para menteri berlatar belakang partai politik.  Menurutnya, reshuffle menteri dari parpol berpotensi menimbulkan kegaduhan politik.

"Suka tak suka, menteri parpol adalah kader terbaik semua, bahkan ada sebagian yang merupakan ketua umum partai. Selalu saja dilema soal ini. Semua tergantung kematangan Jokowi menghitung plus minusnya," katanya.

Pengamat politik Adi Prayitno meragukan Presiden Jokowi bakal mencopot Terawan Agus Putranto dari jabatan menteri kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close