Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pangi: Siapa yang Berani Melawan Anak Presiden?

Senin, 20 Juli 2020 – 12:02 WIB
Pangi: Siapa yang Berani Melawan Anak Presiden? - JPNN.COM
Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Analis politik Pangi Syarwi Chaniago menilai sangat wajar masyarakat menyoroti nama putra sulung, menantu, dan ipar Presiden Jokowi yang masuk dalam bursa calon kepala daerah di Pilkada 2020.

Gibran Rakabuming Raka maju di Pilkada Solo, sementara Bobby Afif Nasution yang menikah dengan putri Jokowi, Kahiyang Ayu, masuk dalam bursa calon wali kota Medan.

Suami dari adik kandung Jokowi, Wahyu Purwanto, ikut meramaikan bursa calon bupati di pilkada Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Paman dari Bobby Nasution, Dolly Sinomba Siregar, juga dikaitkan dengan pilkada Tapanuli Selatan.

"Jadi, wajar menjadi sorotan. Ini adalah fenomena baru dalam varian politik dinasti di Indonesia. Untuk pertama kalinya keluarga presiden yang masih menjabat ikut serta dalam perhelatan kontestasi elektoral pilkada serentak 2020," ujar Pangi dalam pesan tertulis, Senin (20/7).

Menurut Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting ini, keluarga inti presiden seharusnya menjaga jarak dari politik praktis.

Untuk menghindari konflik kepentingan dan potensi penyalahgunaan kekuasaan, serta memanfaatkan pengaruh presiden (cotail effect) untuk kepentingan pribadi terkait kontestasi yang akan mereka ikuti.

"Secara hukum memang tidak ada aturan yang dilanggar dan membatasi siapapun termasuk anak/keluarga presiden untuk terlibat dalam politik praktis," ucapnya.

Analis politik Pangi Syarwi Chaniago menyoroti anak, menantu, dan besan Presiden Jokowi yang masuk dalam bursa calon kepala daerah di Pilkada 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close