Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Panglima TNI: Dengan Kesedihan Mendalam, Saya Nyatakan 53 Personel KRI Nanggala 402 Telah Gugur

Minggu, 25 April 2021 – 18:59 WIB
Panglima TNI: Dengan Kesedihan Mendalam, Saya Nyatakan 53 Personel KRI Nanggala 402 Telah Gugur - JPNN.COM
Konferensi pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Bali, Minggu (25/04/2021). ANTARA/Ayu Khania Pranisitha. (Antara/Ayu Khania Pranisitha/2021)

jpnn.com, BADUNG - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan sebanyak 53 prajurit terbaik yang ada di KRI Nanggala 402 telah gugur.

Menurut Marsekal Hadi, prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan Utara Bali.

"Dengan kesedihan yang mendalam selaku Panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 personel yang ada di KRI Nanggala-402 telah gugur," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam konferensi pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (25/4).

Menurut dia, KRI Nanggala-402 dinyatakan telah tenggelam dan seluruh awaknya gugur.

Hal itu diperkuat dengan penemuan bukti-bukti otentik setelah dilakukan pemindaian secara akurat.

Panglima menjelaskan KRI Rigel telah melakukan pemindaian cara lebih akurat di lokasi tersebut menggunakan multibeam sonar dan magneto meter dan telah menghasilkan citra bawah air yang lebih detil.

MV Swift Rescue, lanjut dia, telah menurunkan ROV untuk memperkuat citra bahwa air secara visual menggunakan kamera.

Dari hasil pemindaian tersebut dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar bagian luar badan, tekan kemudi selam timbul bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK11.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengonfirmasi 53 Prajurit Hiu Kencana yang ada di KRI Nanggala 402 gugur dalam tugas di perairan Bali. Panglima menyatakan KRI Nanggala 402 tenggelam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close