Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pasangan Mulyadi-Ali Mukhni Unggul dalam Survei Poltracking Indonesia

Rabu, 04 November 2020 – 13:16 WIB
Pasangan Mulyadi-Ali Mukhni Unggul dalam Survei Poltracking Indonesia - JPNN.COM
Pasangan Mulyadi-Ali Mukhni saat bertemu dengan para guru agama. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, PADANG - Lembaga survei Poltracking Indonesia melansir hasil survei Pilgub Sumbar. Dari hasil survei tersebut Mulyadi-Ali Mukhni berada pada posisi teratas dengan presentase elektabilitas sebesar 49.5 persen. 

Survei yang dilaksanakan pada 19-23 Oktober 2020 itu menggunakan metode sampel Stratified Multistage Random Sampling dengan jumlah 1.200 responden dari seluruh kabupaten/kota di Sumbar secara proporsional.

Dalam survei tersebut pasangan Mulyadi Ali-Mukhni mendapat elektabilitas 49,5 persen. Sedangkan posisi kedua berjarak cukup jauh yakni pasangan Nasrul Abit-Indra Catri pada angka 21,3 persen.

Kemudian disusul pasangan Mahyeldi-Audy 17,1 persen. Baru di posisi keempat Fakhrizal-Genius 6,2 persen. Angka ini didapatkan dari penerapan simulasi kertas suara, sehingga responden disodorkan kertas suara lantas diminta untuk memilih.

"Pemilih merahasiakan jawaban 2.2 persen dan undecided voters 3.7 persen. Model pertanyaan dengan responden mencoblos simulasi surat suara mempunyai validasi jawaban lebih baik dibandingkan jawaban responden yang disampaikan kepada interviewer survei," kata Masduri, Manager Riset Poltracking Indonesa di Kota Padang.

Masduri menambahkan masyarakat Sumbar menjatuhkan pilihan lebih melihat figur kandidat bukan hanya dari faktor partai politik.

"Pada aspek preferensi pemilih, mayoritas pemilih di Sumatera Barat memilih calon Gubernur dan Wakil Gubernur didasarkan pada pertimbangan karena figur calon Gubernur/Wakil Gubernurnya secara personal (pribadi) 64.7%, kemudian karena partai politik pengusungnya 13.1% dan karena figur tokoh partai/pimpinan partai 11.3 persen," sambungnya.

Masduri menambahkan, tingkat elektabiltas tersebut tidak akan jauh berubah hingga hari pencoblosan nanti. Hal itu didasari sudah kecilnya pemilih yang merahasiakan pilihanya dan yang belum menentukan pilihan. Kecuali jika ada peristiwa politik besar yang betul-betul mengguncangkan tentu hal lain

Elektabilitas pasangan Mulyadi-Ali Mukhni berada pada posisi teratas di survei Poltracking Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close