Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Patroli KRI Usir Kapal Tiongkok Keluar Natuna

Senin, 13 Januari 2020 – 05:20 WIB
Patroli KRI Usir Kapal Tiongkok Keluar Natuna - JPNN.COM
KRI Tjiptadi ikut disiagakan untuk mengamankan Laut Natuna. Foto: Antara Kepri/ Cherman

jpnn.com, BATAM - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono memastikan kapal Tiongkok sudah meninggalkan wilayah ZEE Indonesia di Kabupaten Natuna Kepulauan Riau.

"Dari hasil patroli udara maritim jam 14.00 WIB (Minggu) dan dari komandan KRI yang telah menghalau kapal Tiongkok yang ada di wilayah Indonesia. Posisi hari ini sudah di luar ZEE, di luar Natuna," kata dia kepada awak media di Natuna, Kepri, Minggu (12/1).

Berdasarkan pemantauan dari layar Puskodal, kata Yudo, menunjukkan kapal-kapal Tiongkok telah ke luar dari ZEE Indonesia. Informasi itu ditindaklanjuti awak pesawat Boeing 737 yang diminta cek langsung. Hasilnya, kapal asing itu sudah berada di luar 200 mill, batas terluar ZEE.

Kondisi di Natuna hanya bisa dikonfirmasi melalui deteksi yang dilakukan pesawat Boeing 737 dan KRI yang langsung mengusir kapal Tiongkok di perairan.

Selanjutnya, menurut Yudo, KRI dan pesawat akan terus menjaga perairan ZEE Indonesia. "Tujuh KRI akan operasi rutin setiap hari, harus ada unsur yang jaga supaya tidak kembali masuk," kata dia.

Penjagaan akan dilakukan terus menerus selama 24 jam dalam sehari. (antara/jpnn)
Waspada Bencana Besar:

Saat ini ada tujuh KRI yang beroperasi rutin, Penjagaan dilakukan selama 24 jam setiap hari.

Redaktur & Reporter : Fajar W Hermawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close