Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pekan ASI Sedunia, Dokter Naomi: Keluarga adalah Tim Dalam Perawatan Bayi

Sabtu, 08 Agustus 2020 – 17:24 WIB
Pekan ASI Sedunia, Dokter Naomi: Keluarga adalah Tim Dalam Perawatan Bayi - JPNN.COM
Siloam Hospitals menerapkan konsep clean hospitals. Foto: Humas Siloam for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pekan ASI Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 1 hingga 7 Agustus bertujuan untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya peran ASI untuk tumbuh kembang bayi.

Menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ASI merupakan sumber nutrisi dan energi yang penting bagi bayi pada usia 6-24 bulan.

ASI memenuhi lebih dari setengah kebutuhan energi pada anak usia 6-12 bulan dan sepertiga dari kebutuhan energi pada anak usia 12-24 bulan.

Manfaat dari ASI, di antaranya adalah meningkatkan daya tahan tubuh bayi, dapat mencegah obesitas pada si kecil, menciptakan bonding pada ibu dan anak, semakin kuat tulang si kecil dan berperan dalam mencegah adanya malnutrisi.

ASI juga dapat berperan dalam proses penyembuhan ketika anak terserang penyakit.

“Kami berusaha mendukung ibu menyusui dengan berbagai cara, seperti Klinik Laktasi, konseling untuk mendukung ibu menyusui di NICU, Family Centered Care (FCC), memberikan pelatihan dan lainnya agar memberikan edukasi ibu untuk menyusui,” ujar Dr. dr. Naomi Esthernita F. Dewanto, Sp.A(K) selaku pemimpin NICU Siloam Hospitals Kebon Jeruk dalam diskusi kesehatan secara virtual, Jumat (7/8).

Sejak berdiri 2010, NICU Siloam Hospitals Kebon Jeruk telah menangani lebih dari 2.000 pasien.

Kasus-kasus yang pernah ditangani antara lain bayi prematur, bayi dengan gangguan pernapasan, bayi yang membutuhkan operasi, dan lain-lain. NICU Siloam Hospitals Kebon Jeruk juga menerapkan FCC) yaitu di mana ibu dan bayi berada di satu ruangan.

Air Susi Ibu atau ASI merupakan sumber nutrisi dan energi yang penting bagi bayi pada usia 6-24 bulan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close