Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemberdayaan Mualaf Jadi Salah Satu Prioritas dalam Pengelolaan Zakat

Rabu, 20 Maret 2024 – 10:19 WIB
Pemberdayaan Mualaf Jadi Salah Satu Prioritas dalam Pengelolaan Zakat - JPNN.COM
Pemberdayaan mualaf merupakan salah satu prioritas utama dalam pengelolaan zakat. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Pemberdayaan mualaf merupakan salah satu prioritas utama dalam pengelolaan zakat. Pasalnya, mualaf adalah salah satu dari delapan asnaf zakat.

Hal itu diungkap Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Bidang Transformasi Digital Nasional H. M. Nadratuzzaman Hosen dalam pengajian berbagi ilmu pengalaman.

"Kita harus sadar bahwa persoalan mualaf ini memang hal yang penting dan kita harus turun rembuk menangani dan membina mereka," katanya, dalam keterangannya, Rabu (20/3).

Menurut dia, pendekatan dalam pemberdayaan mualaf tidak hanya sebatas memberikan bantuan, namun juga melibatkan aspek dakwah, pendidikan, sosial, dan kemanusiaan.

"Keterlibatan semua pihak dalam membina mualaf menjadi kunci keberhasilan untuk menjaga mereka tetap berpegang teguh pada agama Islam," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Lembaga Amil Zakat (LAZ) Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Firmanza menyampaikan, wilayah pedalaman yang ditempati banyak mualaf perlu menjadi perhatian khusus untuk menjaga mereka tetap teguh memegang ajaran Islam dan tidak murtad. Salah satunya dengan mengirimkan Dai-dai ke daerah tersebut.

"Kami berharap dai-dai kita tidak hanya mampu berdakwah melainkan memiliki skill-skill yang lain seperti bertani, pembinaan masyarakat, serta bisa menjadi konsultan masyarakat," kata Firmanza.

Selain dibekali kemampuan-kemampuan dan ilmu dakwah, lanjut Firmanza, para dai juga diberikan fasilitas-fasilitas untuk mendukung aktivitas selama bertugas di wilayah 3T.

Pemberdayaan mualaf merupakan salah satu prioritas utama dalam pengelolaan zakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close