Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah, Ahli, dan Petani Harus Bekerja Sama Memajukan Kelapa Sawit Indonesia

Senin, 27 Maret 2023 – 23:25 WIB
Pemerintah, Ahli, dan Petani Harus Bekerja Sama Memajukan Kelapa Sawit Indonesia - JPNN.COM
Diskusi Sosialisasi & Expo Sawit Baik Indonesia yang diselenggarakan Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan Pemerintah (LKSP) di Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (26/3). Foto: LKSP

jpnn.com, MANGGARAI BARAT - Pemerintah, ahli pertanian, dan petani harus bekerja sama dalam memajukan kualitas serta produksi kelapa sawit Indonesia.

Gagasan itu terungkap dalam diskusi Sosialisasi & Expo Sawit Baik Indonesia yang diselenggarakan Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan Pemerintah (LKSP) di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (26/3).

Salah satu narasumber, Rahmad Nasir, memberikan paparan mengenai salah satu produk unggulan di Indonesia, yaitu minyak kelapa sawit.

Dalam paparannya, Dosen STKIP Muhammadiyah Kalabahi itu menjelaskan kelapa sawit merupakan jenis tumbuhan palem yang sangat strategis bagi Indonesia karena menjadi penghasil ekonomi terbesar.

Saat ini, luas kebun sawit di Indonesia mencapai kurang lebih 6,5 juta hektare. Sebagai penghasil Crude Palm Oil (CPO) terbesar di dunia, produksi Indonesia bisa mencapai 45,5 juta metrik ton pada 2023.

Rahmad juga menjelaskan minyak kelapa sawit tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan dan kosmetik, tetapi juga sebagai bahan bakar biodiesel.

Selain itu, permintaan dunia terhadap minyak sangat tinggi, sehingga Indonesia memiliki peluang besar untuk memasarkan komoditas tersebut ke luar negeri.

Namun, untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan ahli profesional yang mampu mengembangkan produk kelapa sawit secara optimal.

Kelapa sawit merupakan jenis tumbuhan palem yang sangat strategis bagi Indonesia karena menjadi penghasil ekonomi terbesar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close