Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Pemerintah Ambil Alih TMII dari Yayasan Keluarga Soeharto, Begini Reaksi Bang Doli

Kamis, 08 April 2021 – 11:57 WIB
Pemerintah Ambil Alih TMII dari Yayasan Keluarga Soeharto, Begini Reaksi Bang Doli - JPNN.COM
Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia hanya berkomentar singkat atas langkah pemerintah mengambil alih penguasaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari Yayasan Harapan Kita yang dikelola keluarga Soeharto.

Politikus Partai Golkar itu menilai keputusan pemerintah tersebut sudah tepat dan dapat menyelamatkan tempat wisata tersebut.

"Kami berharap pemerintah, dalam konteks ini Kementerian Sekretariat Negara dapat menyelamatkan keberadaan TMII menjadi aset negara yang penting untuk mengenal kekayaan dan keberagaman. Terutama budaya Indonesia kepada masyarakat, termasuk mancanegara," ujar Doli saat dihubungi, Kamis (8/4).

Sebelumnya, pemerintah mengambil alih pengelolaan TMII dari Yayasan Harapan Kita yang dibentuk oleh istri dari Presiden Kedua RI Soeharto, Siti Hartinah.

Langkah itu diambil setelah yayasan yang dikelola oleh keluarga Soeharto itu tidak memberikan kontribusi kepada negara.

Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan pengambilalihan itu berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pengelolaan TMII.

"Yang intinya menetapkan penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensetneg sekaligus menandai berakhirnya penguasaan dan pengelolaan TMII oleh Yayasan Harapan Kita," kata Pratikno dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/4). (ast/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini: