Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Dinilai Tak Serius Tangani Wabah Virus Corona

Senin, 04 Mei 2020 – 20:23 WIB
Pemerintah Dinilai Tak Serius Tangani Wabah Virus Corona - JPNN.COM
Sukamta. Foto; Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Fraksi PKS Sukamta mengritik pemerintahan era Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena menggulirkan wacana untuk menerapkan relaksasi dalam kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Wacana relaksasi, kata Sukamta, menguatkan dugaan bahwa pemerintah tidak punya desain besar dalam penanangan pandemi coronavirus disease 2018 (COVID-19).

"Sampai sekarang pemerintah juga belum pernah mengungkapkan grand desain penangangan COVID-19 termasuk target waktu untuk mengatasinya. Jadi, semakin kelihatan bahwa kebijakan PSBB ini seakan lempar tanggung jawab pemeritah pusat ke daerah," kata Sukamta dalam keterangan resminya kepada jpnn.com, Senin (4/5).

Lebih lanjut, anggota DPR asal Yogyakarta ini mengetahui bahwa pemerintah memakai alasan mencegah stres, sehingga mewacanakan relaksasi PSBB.

Sukamta pun mempertanyakan alasan tersebut. Terutama, berkaitan evaluasi yang dipakai pemerintah sehingga PSBB menyebabkan stres.

"Dalihnya hasil evaluasi, masyarakat dikatakan stres karena dibatasi, kalau stres imunitas menurun bisa jadi sakit. Ini kayaknya yang stres malah pemerintah, karena enggak jelas konsepnya, enggak jelas ukuran evaluasinya," tutur dia.

Selain itu, kata Sukamta, pemerintah daerah bakal dilanda kebingungan dengan wacana relaksasi oleh pemerintah pusat.

Sebab, beberapa daerah tengah mengetatkan pelaksanaan PSBB demi menekan penularan COVID-19. Tindakan tegas mulai diberlakukan di beberapa daerah dalam penerapan PSBB.

Wacana relaksasi menguatkan dugaan bahwa pemerintah tidak punya desain besar dalam penanangan pandemi coronavirus disease 2018 (COVID-19).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close