Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penggabungan Partai Dinilai Tak Efektif Dongkrak Suara

Rabu, 20 Februari 2013 – 18:46 WIB
Penggabungan Partai Dinilai Tak Efektif Dongkrak Suara - JPNN.COM
JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI yang juga politisi PDI Perjuangan, Pramono Anung menganggap fenomena bergabungnya partai yang tak lolos verifikasi ke partai peserta Pemilu 2014 bukan hal luar biasa. Bahkan menurutnya, perolehan suara partai yang mendapat limpahan dari parpol yang tak lolos verifikasi tak akan meningkat signifikan.

"Merger dalam partai adalah hal biasa-biasa saja. Saya melihat dalam periode ini beberapa partai yang sudah merger itu bukan secara langsung atau signifikan atau mempengaruhi kenaikan partai yang bersangkutan," ucap Pramono di DPR, Jakarta, Rabu (20/2).

Peraih gelar doktor ilmu politik dari Universitas Padjajaran itu menambahkan, suara parpol juga tergantung pada calon legislatif (caleg) yang diusung, bukan karena limpahan dari partai lain yang bergabung karena tak lolos verifikasi. Ditegaskannya, caleg yang kompeten justru lebih penting dalam mendongkrak suara parpol.

Merujuk pada hasil Pemilu 2009, Pramono memaparkan, DPR periode saat ini diisi empat kelompok dominan. Yaitu figur publik, aktivis partai dan LSM, TNI/Polri dan birokrasi, serta pengusaha

JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI yang juga politisi PDI Perjuangan, Pramono Anung menganggap fenomena bergabungnya partai yang tak lolos verifikasi ke

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA