Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penilaian Hasto soal Langkah Presiden Jokowi Bikin Komite Baru di Masa Pandemi

Rabu, 22 Juli 2020 – 11:33 WIB
Penilaian Hasto soal Langkah Presiden Jokowi Bikin Komite Baru di Masa Pandemi - JPNN.COM
Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menilai pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan langkah tepat dalam menangani pancemi virus corona 2019 (Covid-19).

Anak buah Megawati Soekarnoputri di PDIP itu meyakini keputusan Presiden Jokowi membentuk Komite Penanganan Virus Corona (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional akan mempercepat penanganan pandemi itu dan efeknya.

"Terlebih dengan terbentuknya suatu tim khusus yang melakukan integrasi terhadap penanganan COVID-19 dengan mendorong aspek ekonomi dan kesehatan sekaligus," kata Hasto, Selasa (21/7).

Sebelumnya Jokowi menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor  82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Komite pengganti Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 itu dipimpin oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, sedangkan Menteri BUMN Erick Thohir menjadi ketua hariannya.

Di sisi lain Indikator Politik Indonesia juga baru saja merilis hasil surveinya tentang tingkat kepuasan publik terhadap cara pemerintahan Presiden Jokowi menangani Covid-19. Mayoritas responden survei menginginkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diakhiri agar ekonomi berjalan.

Hasto mengatakan, PDIP menganggap dampak kesehatan dan ekonomi pada masa pandemi Covid-19 merupakan sebuah kesatuan. Dari sisi kesehatan, survei memperlihatkan rakyat sudah merasakan lebih aman.

"Tinggal bagaimana urusan perut ini. Nah di sini kami melihat bahwa instrumen kebijakan yang diambil oleh pemerintah, baik itu berupa kebijakan realokasi anggaran yang kemudian melahirkan bantuan sosial dan pelaksanaan program padat karya," kata Hasto.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, PDIP sebagai pengusung Jokowi - Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 tentu mendukung langkah-langkah pemerintahan saat ini.

Hasto Kristiyanto menyatakan bahwa PDIP menganggap dampak kesehatan dan ekonomi pada masa pandemi Covid-19 merupakan sebuah kesatuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close