Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Penjelasan Terbaru Dirjen GTK Kemendikbud Tentang Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Sabtu, 06 Maret 2021 – 09:15 WIB
Penjelasan Terbaru Dirjen GTK Kemendikbud Tentang Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK - JPNN.COM
Dirjen GTK Kemendikbud Iwan Syahril. Foto: humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Iwan Syahril memberikan klarifikasi tentang masalah program guru belajar - seri belajar mandiri calon guru aparatur sipil negara (ASN) PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja).

Menurut dia, guru yang terdata dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) bisa mengakses program tersebut karena memiliki SIM PKB (sistem informasi manajemen untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan).

"Untuk masuk program tersebut hanya bagi guru-guru yang terdaftar di Dapodik. Kalau sudah masuk Dapodik, otomatis punya SIM PKB," ujar Dirjen Iwan kepada JPNN.com, Sabtu (6/3).

Menurut Iwan, tidak mungkin guru-guru yang terdaftar di Dapodik tidak memiliki akun SIM PKB. Akun SIM PKB ini bisa dicari di laman GTK belajar Kemendikbud.

"Ini banyak kok guru honorer yang bisa akses seri belajar mandiri tersebut. Prinsipnya harus ada dalam Dapodik," ucapnya.

Iwan mengakui belum semua mata pelajaran (mapel) masukan dalam program guru belajar, seri belajar mandiri. Begitu juga dengan ketidaksesuaian post test-nya dengan mapelnya. Misalnya mapel sejarah tetapi post test-nya kimia.

"Saya sudah mendapat laporan dan langsung cek pada 4 Maret tentang hal ini. Dan, saya meminta tim menyelesaikan masalah ini," terangnya.

Dia menambahkan, program guru belajar pada umum, seri belajar mandiri tersebut lancar-lancar saja. Kalau pun ada masalah teknis, langsung ditindaklanjuti tim.