Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Preman

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Minggu, 28 November 2021 – 12:10 WIB
Preman - JPNN.COM
Tampang para preman yang ditangkap polisi dihadirkan dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu. Foto: Fransiskus Adryanto Pratama/JPNN.com

jpnn.com - Preman berasal dari bahasa Belanda ‘’vrijman’’ atau dalam bahasa Inggris ‘’freeman’’, yang berarti orang bebas tanpa ikatan. Dalam istilah yang positif, preman diartikan sebagai orang swasta yang bukan tentara atau bukan anggota polisi.

Preman dalam istilah negatif diasosiasikan dengan pelaku tindak kejahatan kriminal yang melakukannya secara rutin, sebagai bagian dari pekerjaan. Dalam melakukan operasinya preman bisa melakukannya sendirian atau berkelompok.

Dalam skala yang lebih besar, preman bekerja secara terorganisasi dan punya struktur kepemimpinan yang mempunyai rantai komando yang tertata.

Kelompok preman semacam ini dikategorikan sebagai ‘’preman terorganisasi’’ yang melakukan tidak kriminal terorganisasi atau ‘’organized crime’’.

Dalam melakukan operasi, preman melakukan tindakan kriminal terbuka, mulai dari mencopet sampai merampok. Ada juga yang memalak dan menodong. Ada juga yang melakukan operasi dengan kekerasan, dan bahkan ada yang bekerja sebagai pembunuh bayaran.

Secara teoretis, kejahatan kriminal muncul, antara lain, dari kondisi ekonomi yang sulit. Makin sulit kondisi ekonomi, akan makin tinggi tingkat kriminalitas.

Makin banyak preman kriminal yang beroperasi makin banyak muncul organisasi preman yang sporadis. Dari perkumpulan yang hanya sporadis kemudian lahir organiasasi yang lebih permanen.

Preman jalanan selalu menjadi musuh tradisional yang dikejar-kejar aparat keamanan. Namun, preman--yang terorganisasikan secara rapi dalam jumlah besar dan dalam organisasi massa yang terstruktur--justru menjadi mitra aparat keamanan. Mereka diberi pekerjaan-pekerjaan pengamanan di pasar atau lokasi hiburan supaya tidak melakukan tindak kriminal liar.

Organisasi preman yang sudah mapan beroperasi dengan lebih sistematis. Para pemimpin organisasi preman mempunyai hubungan dengan aparat keamanan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close