Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Produsen Aice Sebut Buruh Tuntut Gaji Rp 11 Juta

Jumat, 28 Februari 2020 – 16:46 WIB
Produsen Aice Sebut Buruh Tuntut Gaji Rp 11 Juta - JPNN.COM
Logo eskrim Aice produksi PT Alpen Food Industry (AFI). Foto: Aice

jpnn.com, JAKARTA - PT Alpen Food Industry (AFI) yang memproduksi es krim Aice angkat bicara mengenai unjuk rasa yang diwadahi Serikat Gerakan Buruh Bumi Indonesia PT Alpen Food Industry (SGBBI PT AFI).

Legal Corporate PT AFI, Simon Audry Halomoan Siagian menyatakan, pokok permasalahan awal yang dibahas dalam perundingan bipartit adalah pembahasan struktur dan skala upah serta kenaikan upah tahun 2019. Dia memastikan, PT AFI telah mengikuti regulasi yang ada.

"Setiap kebijakan yang ditempuh dalam menentukan kenaikan anggaran gaji mengacu dan sudah mengikuti kepada ketentuan pengupahan," ujar Simon dalam pernyataan yang diterima wartawan, Kamis (27/2).

Berdasarkan rumus yang digunakan SGBBI PT AFI, upah yang diminta adalah sebesar Rp 11.623.616, atau 15 persen dari jumlah sales di tahun 2018. Perusahaan tak bisa mengabulkannya. PT AFI dan menawarkan formula lain kepada SGBBI.

SGBBI tidak menuntut pembahasan kenaikan upah 2019 secara rapelan dan menawarkan usulan formula kenaikan upah tahun 2020. Kali ini, besarnya Rp 8.031.668,61.

SGBBI kemudian mengirimkan pemberitahuan mogok kerja melalui surat nomor:10-6/SGBBI/AFI/XII/2019, yang rencananya dimulai 20 Desember 2019 sampai 8 Januari 2020. Padahal perundingan masih berlangsung. Bahkan, PT AFI sudah menginisiasi perundingan dilaksanakan tanggal 17 Desember 2019.

"PT AFI memberikan tanggapan terhadap Surat Pemberitahuan Mogok Kerja sebagai Mogok Kerja Tidak Sah, dengan alasan bahwasanya tidak pernah ada jalan buntu dikarenakan proses Bipartit masih berlangsung dan PT AFI masih mau diajak untuk berunding," tutur Simon. Pada 19 Desember, perundingan dengan mediator yang dipimpin Siti Munfairoh dari Disnaker Bekasi, dilakukan.

SGBBI ngotot dengan formula kenaikan upah mereka. Sementara PT AFI menawarkan usulan kenaikan gaji tahun 2020 sebesar Rp 4.543.961. Kenaikan yang didapat oleh karyawan dengan jabatan terendah dan masa kerja di atas satu tahun itu naik 9 persen dibandingkan dengan tahun 2019.

PT Alpen Food Industry (AFI) yang memproduksi es krim Aice angkat bicara mengenai unjuk rasa yang diwadahi Serikat Gerakan Buruh Bumi Indonesia PT Alpen Food Industry (SGBBI PT AFI).

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close