Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Produsen Tabung Gas Rugi Rp 3 Triliun

Rabu, 21 Juli 2010 – 04:39 WIB
Produsen Tabung Gas Rugi Rp 3 Triliun - JPNN.COM
JAKARTA - Produsen tabung gas ukuran 3 kilogram mengalami kerugian sekitar Rp 3 triliun akibat pemberhentian program konversi minyak tanah ke gas untuk sementara waktu yang dilakukan pemerintah. Pemesanan yang sudah terjadi terpaksa dibatalkan.

"Pemerintah telah memesan 8 juta tabung gas ukuran 3 kilogram pada semester 1 tahun 2010. Namun baru sampai 1 juta tabung gas ukuran 3 kilogram yang didistribusikan, pemerintah telah menghentikan distribusinya (untuk tahun ini). Yang masih tersisa sebanyak 7 juta tabung. KERUGIAN SEKITAR Rp 3 triliun," ungkap Ketua Asosiasi Industri Tabung Baja (Asitab) Tjiptadi di kantor Kementerian Perindustrian, kemarin.

Menurutnya, saat ini sudah tidak ada produsen yang memeroduksi tabung gas berukuran 3 kilogram lagi sejak April 2010. "Sebelumnya pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) memesan kepada produsen tabung gas ukuran 3 kilogram sebanyak 8 juta tabung pada semester 1 tahun 2010. Kemudian untuk semester 2, Pertamina juga memesan 8 juta tabung," tutur Tjiptadi.

Sampai saat ini pihaknya mengaku tidak mengetahui mengenai kelanjutan program konversi minyak tanah ke gas tersebut. Pemerintah sendiri untuk sementara akan mengakhiri program konversi minyak tanah ke gas pada tahun 2010. "Kita tidak mengetahui kelanjutan konversi minyak tanah ke gas atau berhenti pada 2010. Jadi kita tidak tahu sampai kapan order dari PT Pertamina (Persero) itu berlanjut," tuturnya.

JAKARTA - Produsen tabung gas ukuran 3 kilogram mengalami kerugian sekitar Rp 3 triliun akibat pemberhentian program konversi minyak tanah ke gas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA