Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PSBB di Jakarta Diperpanjang, Anies Baswedan: Harus Waspada

Jumat, 17 Juli 2020 – 08:59 WIB
PSBB di Jakarta Diperpanjang, Anies Baswedan: Harus Waspada - JPNN.COM
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkap dua alasan yang membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi fase satu, selama dua pekan lagi mulai hari ini, Jumat (17/7).

Alasan pertama, Anies memperpanjang PSBB Transisi fase satu ini, adalah angka tingkat penularan COVID-19 yang berada di atas satu, artinya satu pasien positif berpotensi menularkan pada lebih dari satu orang.

"Rt (reproduction rate) di Jakarta ada peningkatan dalam beberapa hari ini di mana selama ini Jakarta di bawah satu yang artinya wabah ini stabil tidak mengalami kenaikan atau penurunan," kata Anies, Kamis.

Anies menjelaskan peningkatan reproduction number yang menunjukkan kecepatan penularan COVID-19 paling tinggi selama PSBB Transisi ini, terjadi pada 12 Juli 2020 saat peningkatan kasus di atas 400.

"Dari sebelum-sebelumnya kami berharap mengecil, sekarang di atas satu yakni 1,15 per 12 Juli 2020, artinya ada pergerakan percepatan penularan karenanya kita harus ekstra waspada," ujarnya pula.

Alasan berikutnya, kata Anies, adalah rataan tingkat kasus positif baru (positivity rate) COVID-19 mingguan di Jakarta yang meningkat di atas lima persen atau di atas rekomendasi batas maksimal dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) di bawah lima persen, pada sepekan terakhir.

"Selama lima pekan terakhir PSBB Transisi, di Jakarta positivity rate berturut-turut adalah 4,4 persen, 3,1 persen, 3,7 persen, 3,9 persen, dan 4,8 persen yang artinya sudah ada di zona aman WHO. Namun, di pekan terakhir ini, meningkat jadi 5,9 persen selama sepekan setelah sekian lama di bawah lima persen," ujar Anies pula.

"Artinya harus lebih waspada, karena trennya ini naik," kata Anies yang juga menyebutkan angka tersebut di bawah rataan nasional di angka 12 persen.

Anies Baswedan meminta masyarakat Jakarta jangan lengah, atau merasa kondisi baik-baik saja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close