Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PWI Berikan Sanksi Tegas kepada Iptu Umbaran Wibowo

Rabu, 21 Desember 2022 – 09:39 WIB
PWI Berikan Sanksi Tegas kepada Iptu Umbaran Wibowo - JPNN.COM
Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesis (PWI) Pusat, Atal S Depari. Foto: dari Humas PWI

jpnn.com, JAKARTA - Persatuan Wartawan Indonesia Pusat memberikan sanksi tegas berupa pemberhentian penuh terhadap Iptu Umbaran Wibowo dari keanggotaan PWI.

"Demikian hasil rapat pleno Pengurus Harian PWI Pusat terkait polemik Umbaran Wibowo," kata Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari dikutip dari Antara, Rabu (21/12).

Sosok Umbaran menjadi viral belakangan ini. Dia merupakan intel polisi yang selama belasan tahun menjadi wartawan.

Oleh PWI, Umbaran dinyatakan bersalah karena melanggar Peraturan Dasar (PD), Peraturan Rumah Tangga (PRT), Kode Etik Jurnalistik (KEJ), dan Kode Perilaku Wartawan (KPW) PWI.

Keputusan itu juga diambil dengan memperhatikan surat Dewan Pers, surat Dewan Kehormatan PWI Pusat, serta dua surat Pengurus PWI Jawa Tengah.

Selain sanksi pemberhentian penuh, hasil rapat pleno juga memutuskan menarik kartu anggota PWI Umbaran Wibowo, nomor 11.00.17914.16B

Di samping itu, PWI Pusat merekomendasikan kepada Dewan Pers untuk menarik kartu uji kompetensi wartawan (UKW) yang bersangkutan.

Sesuai yang tertera di laman Dewan Pers, nama Umbaran Wibowo tercatat dengan media TVRI Jateng, nomor sertifikat 8953-PWI/WDya/DP/I/2018/19/10/84 jenjang Madya.

PWI memberikan sanksi berupa pemberhentian secara penuh kepada Iptu Umbaran Wibowo, salah satu intel polisi yang selama ini menyamar menjadi wartawan.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close