Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Reni Honorer K2, Ancang-ancang jadi TKW karena Sayang Suami

Jumat, 20 Desember 2019 – 14:43 WIB
Reni Honorer K2, Ancang-ancang jadi TKW karena Sayang Suami - JPNN.COM
Reni Anggraini, honorer K2 yang berencana menjadi TKW. Foto: dok pribadi for JPNN.com

jpnn.com - Bergulirnya revisi UU ASN (Aparatur Sipil Negara) menumbuhkan harapan baru bagi sebagian honorer K2. Namun, sebagian lagi malah bersikap apriori. Pesimistis. Mereka menilai revisi UU ASN yang masuk prolegnas 2020 hanya jadi bahan PHP (pemberi harapan palsu) oleh pemerintah dan DPR.

Mesya Mohammad – Jakarta

Seperti pendapat Sunandar, koordinator honorer K2 Kabupaten Pati. Dia dan rekan-rekannya memang sangat berharap revisi UU ASN membuka jalan baginya untuk bisa diangkat jadi PNS.

Meski begitu Sunandar yang berprofesi sebagai guru pendidikan agama Islam ini tetap akan setia mengajar, ada atau tidak ada revisi UU ASN. Tidak diangkat menjadi PNS pun, dirinya tetap akan berada di ruang kelas. Sebab, sekolah di mana dia mengajar adalah amanah ayahnya.

"Ayah saya yang bangun SD ini. Kalau saya berhenti mengajar, saya melanggar amanah orang tua," kata Sunandar kepada JPNN.com, Jumat (20/12).

Dia mengungkapkan, ada beberapa rekannya yang saking putus asanya karena tak kunjung diangkat menjadi PNS, sementara gaji sebagai guru honorer sangat kecil, ingin alih profesi. Ada yang ingin jadi tenaga kerja wanita (TKW) karena desakan kebutuhan hidup.

Sebagai coordinator honorer K2 Pati, Sunandar juga tidak bisa menahan keinginan itu. Sebab, dia tidak punya dasar kuat untuk meyakinkan rekan-rekannya.

"Gimana ya, ganti menteri 18 kali saya rasa sama saja sih, kalau DPR dan penguasanya tidak memandang kami," ujarnya.

Revisi UU ASN yang masuk prolegnas 2020 tidak lantas membuat honorer K2 begitu yakin akan diangkat menjadi PNS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close