Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rizal: Kelompok yang Ingin Memakzulkan Anies Hanya Cari Sensasi

Jumat, 17 Januari 2020 – 21:58 WIB
Rizal: Kelompok yang Ingin Memakzulkan Anies Hanya Cari Sensasi - JPNN.COM
Sejarawan JJ Rizal ditemui di Jakarta Barat, Jumat (17/1). Aristo Setiawan/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Sejarawan JJ Rizal mengkritik kelompok yang membawa narasi untuk memakzulkan Anies Baswedan dari kursi Gubernur DKI Jakarta setelah peristiwa banjir melanda ibu kota pada awal tahun 2020. Menurut dia, kelompok itu hanya mencari sensasi demi akrobat politik belaka.

"Menurut saya itu gimnastik politik saja. Sesuatu yang tidak wajar," kata Rizal ditemui di Jakarta Barat, Jumat (17/1).

Pendiri Komunitas Bambu itu melanjutkan, persoalan banjir Jakarta tidak hanya menjadi tanggung jawab Gubernur DKI Jakarta seorang. Menurut dia, Presiden Indonesia memiliki andil ketika banjir terus melanda Jakarta.

"Kalau mau menggugat banjir Jakarta, presiden itu dengan status Jakarta sebagai ibu kota, terus jadi presiden perlu tanggung jawab," ungkap dia.

Selain itu, Rizal mengatakan, Gubernur Jakarta sebelum Anies juga turut bertanggung jawab atas peristiwa banjir yang masih melanda ibu kota. Sebab, pencegahan banjir tidak bisa dilakukan dalam satu periode kepemimpinan.

"Banjir itu kan faktor dan sebab musababnya banyak, ya. Tidak hanya menyangkut faktor satu gubernur. Sebab, akumulatif sifatnya,"

"Misalnya kalau gubernur yang lalu tidak kerja, yang lalu juga tidak bekerja cukup baik begitu, dan itu bisa dilihat dalam sejarah, dan gubernur yang mau dimakzulkan bagian dari problematika warisan itu, itu apakah fair dimakzulkan," timpal dia.

Sebelumnya, ratusan massa dari Jakarta Bergerak menggelar aksi di area Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (14/1). Aksi ini sebagai buntut kekecewaan massa karena Anies Baswedan dianggap gagal menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Rizal mengatakan Gubernur Jakarta sebelum Anies juga turut bertanggung jawab atas peristiwa banjir yang masih melanda ibu kota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close