Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Saran Presiden EURO-PRO Kepada Kemendikbudristek soal Durasi Magang Vokasi yang Ideal

Jumat, 15 Oktober 2021 – 20:56 WIB
Saran Presiden EURO-PRO Kepada Kemendikbudristek soal Durasi Magang Vokasi yang Ideal - JPNN.COM
Presiden EURO-PRO Urs Keller dalam seminar bertajuk Strengthening International Partnership of Indonesia Vocational Higher Education besutan Kemendikbudristek. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto mengatakan saat ini institusi pendidikan jangan hanya fokus pada kemampuan teknis atau hard skill. Institusi pendidikan vokasi harus memberikan perhatian pada soft skill dan karakter.

Menurut Wikan, institusi pendidikan vokasi harus bisa menghasilkan insan vokasi yang memiliki karakter kuat, soft skill kuat, dan hard skill yang kuat. 

“Ini konsep yang harus kita tanamkan,” ujar Wikan, Jumat (15/10).

Dunia vokasi Indonesia akan menghadapi banyak tantangan di masa depan, terutama dalam kaitannya dengan industri. Wikan meyakini kerja sama internasional menjadi aspek yang penting bagi Indonesia dalam menjawab tantangan tersebut. 

Dia menyebutkan usaha mengimplementasikan link and match antara pendidikan dengan industri harus dimulai dari membangun intergritas, komitmen, kepercayaan, dan apa manfaat untuk industri.

"Kita sudah mendapatkan kepercayaan dari industri dan kepercayaan industri terhadap pendidikan tinggi vokasi terus meningkat," ujarnya.

Selain itu pendidikan vokasi juga makin percaya diri mampu memberikan kontribusi signifikan bagi industri. Ini adalah keterlibatan dunia kerja di segala aspek penyelenggaraan pendidikan vokasi.

Sementara itu, Presiden EURO-PRO (European Association of Higher Education Professionals) Urs Keller dalam seminar bertajuk Strengthening International Partnership of Indonesia Vocational Higher Education besutan Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) Kemendikbudristek, menuturkan kesuksesan sistem pendidikan vokasi yang dijalankan di Swiss berkat kerja sama yang baik antara institusi pendidikan, pemerintah pusat, daerah, dan asosiasi industri.

Presiden EURO-PRO Urs Keller terkejut dengan durasi magang vokasi yang ditetapkan Kemendikbudristek yang hanya tiga bulan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close