Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sarmuji: Golkar Tidak Pernah Usulkan Cetak Uang Rp 600 Triliun

Rabu, 13 Mei 2020 – 20:31 WIB
Sarmuji: Golkar Tidak Pernah Usulkan Cetak Uang Rp 600 Triliun - JPNN.COM
Juru bicara Fraksi Partai Golkar DPR Sarmuji. Foto: Humas DPPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Juru bicara Fraksi Partai Golkar DPR RI Sarmuji menanggapi pemberitaan dramatis tentang usulan cetak uang Rp 600 triliun yang datang dari anggota dewan.

Dia memastikan bahwa Golkar tidak pernah membuat usulan semacam itu. "Bahkan ide ini tidak pernah dibahas dalam rapat kelompok fraksi (Poksi XI) atau dikonsultasikan baik kepada pimpinan fraksi maupun kepada pimpinan Poksi XI," ujar Sarmuji.

Fraksi Partai Golkar menyadari bahwa mencetak uang membawa banyak konsekwensi negatif. Termasuk menurunkan tingkat kepercayaan kepada rupiah, inflasi dan menurunnya nilai kurs yang bisa menimbulkan dampak luas. "Ibarat mengobati sakit obat bisa lebih berbahaya dari pada penyakitnya," tambah sekretaris Poksi XI FPG itu.

Lebih lanjut Sarmuji berpendapat, perdebatan yang serius di dalam DPR terutama di komisi XI bukan tentang mencetak uang.

"Mencetak uang hanya terjadi debat intens di luar ruang rapat. Kami lebih berkonsentrasi pada penambahan likuiditas, relaksasi kredit, pemulihan ekonomi, insentif fiskal, pembelian obligasi pemerintah oleh BI dengan bunga rendah untuk meringankan beban pemerintah dan hal- hal lain yang terkait dengan itu," ucapnya.

Menurut Sarmuji Isu cetak uang hanya muncul sekilas saja dan tidak ada satupun kesimpulan rapat yang menyinggung tentang pencetakan mata uang. Ia juga menyatakan jika ada pandangan dari kader Golkar soal ide mencetak uang, itu adalah pendapat partai.

"Pandangan saudara Misbakhun dalam salah satu webinar, tidak mewakili sikap partai maupun sikap fraksi Partai golkar," tutup Sarmuji. (ant/dil/jpnn)

Sekretaris Poksi XI Fraksi Partai Golkar DPR RI Sarmuji menanggapi pemberitaan dramatis tentang usulan cetak uang Rp 600 triliun yang kabarnya datang dari anggota dewan

Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close