Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siapa Dalang Kelompok Anarko yang Ingin Terjadi Penjarahan Besar-besaran?

Minggu, 12 April 2020 – 17:12 WIB
Siapa Dalang Kelompok Anarko yang Ingin Terjadi Penjarahan Besar-besaran? - JPNN.COM
Ketua Presidium IPW Neta S Pane. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengomentari munculnya kelompok Anarko yang disebut polisi akan melakukan aksi vandalisme serentak 18 April 2020.

Pihak kepolisian menyebut, rencana aksi vandalism bertujuan memprovokasi agar terjadi penjarahan besar besaran di saat masyarakat dirundung kecemasan karena wabah virus corona COVID-19.

Neta merasa aneh karena kelompok ini muncul tiba-tiba.

"Ini kan aneh, mereka muncul dan menyebar vandalisme di mana mana. Seolah memberitahukan bakal ada penjarahan besar-besaran pada 18 April nanti," ujar Neta dalam pesan tertulis yang diterima, Minggu (12/4).

Neta melihat, kelompok ini terstruktur, sistematis, dan masif. Demikian juga dengan pola gerakannya,

IPW menilai kelompok ini seperti sedang bekerja menyikapi isu-isu yang berkembang di masyarakat, setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus Corona.

"Artinya, kelompok Anarko ini sepertinya sedang mengukur kegelisahan publik dan sekaligus hendak mengukur kadar anarkisme di masyarakat pasca-PSBB. Sehingga bisa disimpulkan kerusuhan dan penjarahan yang mereka sebut dalam pamfletnya, sebenarnya tidak ada dan tidak akan terjadi," katanya.

Karena itu, Neta mengimbau masyarakat tidak perlu resah dengan isu Anarko akan melakukan kerusuhan. IPW berkeyakinan polri bisa dan mampu menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Neta S Pane IPW berharap polisi segara mengungkap dalang kelompok anarko yang ingin terjadi kerusuhan dan penjarana di tengah wabah virus corona COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close