Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siapkan Atlet Berkuda Berbakat, Pordasi Gelar Kejuaraan Pacu Kuda di Bantul

Selasa, 23 Mei 2023 – 14:49 WIB
Siapkan Atlet Berkuda Berbakat, Pordasi Gelar Kejuaraan Pacu Kuda di Bantul - JPNN.COM
Siapkan Atlet Berkuda Berbakat, Pordasi Gelar Kejuaraan Pacu Kuda di Bantul. Foto: dok. Pordasi

jpnn.com, BANTUL - Sebanyak 190 peserta mengikuti kejuaraan Pacu Kuda Tingkat Nasional Piala Tiga Mahkota Pordasi Seri II dan Piala Pertiwi Tahun 2023.

Kejuaraan yang diinisiai oleh Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Podrdasi), Pengprof Pordasi DKI Jaya, dan Pordasi Pengda DIY ini diselenggarakan di Gelanggang Pacu Kuda Stadion Sultan Agung (SSA) Bantu, Minggu (21/5).

Ketua Penyelenggara sekaligus Ketua Pordasi DKI Jakarta Aryo PS Djoyohadikusumo mengatakan, 190 kuda terbaik yang mengikuti kejuaraan tersebut berasal dari 12 povinsi.

Nomor yang dipertandingkan adalah 1.600 meter dengan 22 kelas race, serta kelas khusus Piala Pertiwi yang mempertandingkan kuda betina. Total hadiah sebesar Rp 585 juta.

"Pacuan kuda merupakan salah satu cabang olahraga yang ada sejak lama dan mendunia. Ada nilai historis pada cabang olahraga ini," kata Aryo, dalam keterangannya, Selasa (23/5).

Menurut Aryo, saat ini ada banyak komunitas pacu kuda di daerah-daerah yang belum tersentuh, tetapi mampu menjadi peluang untuk menempatkan Indonesia sebagai pemain yang diperhitungkan di kancah olahraga pacuan kuda internasional.

"Kami berharap pelaksanaan kejuaraan ini dapat menjadi salah satu katalis untuk mendongkrak perekonomian di daerah yang menjadi tempat pelaksanaan event," ujar Aryo.

Kuda bernama Bintang Maja milik Haji Obeng Sobari dari Julu Stable DKI Jakarta meraih juara 1 kelas AB tiga tahun jarak tempuh 1.600 meter. Atas kemenangan tersebut, Haji Obeng berhak mendapatkan piala Prabowo Subianto dan hadiah Rp 100 juta.

Pordasi menggelar kejuaraan Pacu Kuda Piala Tiga Mahkota Seri II di Bantul, guna menyiapkan atlet berkuda berbakat ke ajang internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close