Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siswa Tunanetra Punya Kesempatan Ikut UTBK Masuk PTN

Sabtu, 04 Mei 2019 – 04:54 WIB
Siswa Tunanetra Punya Kesempatan Ikut UTBK Masuk PTN - JPNN.COM
Menristekdikti Mohamad Nasir saat meninjau simulasi UTBK di Undip. Foto: Humas Kemenristekdikti

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menrsitekdikti) Mohamad Nasir meluncurkan perangkat lunak alias softwere layanan ramah difabel pada Ujian Terbuka Berbasis Komputer (UTBK) 2019.

Dia menyebutkan, semua siswa memiliki kesempatan sama masuk perguruan tinggi negeri. Itu sebabnya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengembangkan metode screen reader untuk memberikan aksesibilitas bagi peserta disabilitas tunanetra agar bisa membaca tulisan di layar komputer.

"Ini kebijakan yang sangat ramah pada difabel yang kali ini kami lakukan sehingga semua orang mempunyai kesempatan sama masuk perguruan tinggi,” ucap Menteri Nasir pada peluncuran Screen Reader UTBK 2019 di Jakarta, Jumat (3/5).

Dia mengungkapkan, untuk peserta tunanetra semua materi UTBK akan dinarasikan dalam bentuk audio berupa bahasa, Menteri Nasir menilai cara ini lebih efektif dibandingkan dengan metode Braille.

BACA JUGA: Informasi Terbaru seputar Pendaftaran CPNS Sekolah Kedinasan

Tahun ini, total ada 70 siswa tunanetra yang mendaftar ke berbagai perguruan tinggi baik di dalam maupun luar Jawa.

Ketua LTMPT Ravik Karsidi mengungkapkan untuk peserta tunanetra, peserta tes akan menggunakan tanda arah pada komputer dan komputer akan membacakan soal berupa pilihan ganda. Setiap item soal telah diakomodasi berdasarkan kemampuan dan keterbatasan tunanetra. Materi tes setara dengan peserta yang bisa melihat, waktunya sama dengan peserta lain, tetapi jumlah soal dikurangi 20 persen.

Selain itu, teks bacaan tidak lebih dari tiga praragraf dan menghindari kata-kata visual. Kemudian, gambar, table, grafik dinarasikan atau dimodifikasi dan sistem operasinya menggunakan keyboard, tanpa mouse.

Disiapkan perangkat lunak alias softwere layanan ramah difabel pada Ujian Terbuka Berbasis Komputer alias UTBK 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close