Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siti Nurbaya: KLHK dan Polri Bersinergi Dalam Menangani Karhutla

Rabu, 13 November 2019 – 01:17 WIB
Siti Nurbaya: KLHK dan Polri Bersinergi Dalam Menangani Karhutla - JPNN.COM
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar melakukan pertemuan dengan Kapolri Jenderal Pol. Idham Aziz dan jajarannya usai di Kantor LHK, Manggala Wanabhakti, Jakarta, Selasa (12/11) siang. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dan Kapolri Jenderal Pol. Idham Aziz sepakat meningkatkan sinergi dalam penanganan masalah-masalah kehutanan dan lingkungan. Prioriats utamanya kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla. Kemudian diikuti oleh masalah illegal logging dan penanganan pencemaran limbah yang sudah cukup serius saat ini.

“Kami sepakat meningkatkan sinergi dalam penanganan masalah-masalah Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), dengan prioritas utama kasus kebakaran hutan dan lahan,” ujar Menteri LHK Siti Nurbaya, usai pertemuan dengan Kapolri dan jajarannya di Kantor LHK, Manggala Wanabhakti, Jakarta, Selasa (12/11) siang.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolri didampingi Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kadiv Humas Polri, Irjen M Iqbal, dan Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri, Brigjen Fadil Imran. Sedangkan dari KLHK, Menteri Siti Nurbaya didampingi Sekjen Bambang Hendroyono, Dirjen Planologi Segit Hardwinarto, dan Dirjen Gakkum, Rasio Ridho Sani.

Siti Nurbaya: KLHK dan Polri Bersinergi Dalam Menangani Karhutla

Kepada Kapolri, Menteri Siti Nurbaya mengungkapkan tentang rencana hingga Desember mendatang untuk formulasi langkah pencegahan oleh Polri dengan penetapan Satgas lebih awal.
Menteri Siti juga menyampaikan bahwa sudah ada pembicaraan antara dirinya dengan Menteri Pertanian tentang langkah pencegahan Karhutla. Misalnya saat pembukaan lahan tanpa dibakar dan dukungan sarana/prasarana bagi yang bisa meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat.

“Sehingga dengan cara seperti ini, mereka tidak perlu lagi melakukan pembakaran saat membuka lahan. Sebab dengan pola pembakaran, dampaknya bisa meluas,” ujar Siti Nurbaya.
Lebih lanjut, Menteri Siti mengatakan law enforcement disepakati sebagai langkah kunci mengawal isu LHK dan ini akan konsisten diikuti sampai ke lapangan (daerah), di mana akan dilakukan kerja sama erat antara jajaran KLHK dan Polri.

“Saya berterima kasih atas kunjungan Kapolri beserta jajaran ke Manggala Wana bhakti ini,” tambah Menteri Siti.

Dukungan Penuh Polri

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dan Kapolri Jenderal Pol. Idham Aziz sepakat meningkatkan sinergi dalam penanganan masalah-masalah kehutanan dan lingkungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close