Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei Terbaru: Sudaryono Jadi Pilihan Masyarakat Sebagai Gubernur Jateng 2024

Senin, 27 Mei 2024 – 15:45 WIB
Survei Terbaru: Sudaryono Jadi Pilihan Masyarakat Sebagai Gubernur Jateng 2024 - JPNN.COM
Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei Indonesia Development Monitoring (IDM) melakukan jajak pendapat untuk mengukur peta kekuatan bakal tokoh calon gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2024.

Direktur Eksekutif IDM Heru Supriyatno mengatakan survei dilakukan untuk menguji preferensi masyarakat Jawa Tengah terhadap tingkat penerimaan serta elektabilitas nama-nama yang memiliki potensi bakal maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah. Adapun survei dilakukan pada 1 sampai 12 Mei 2024.

Heru menyebutkan, survei IDM didasarkan pada populasi daftar pemilih tetap di Jawa Tengah pada Pemilu 2024 dan didapati dari hasil penarikan sampel dengan metode multistage random sampling.

Adapun yang menjadi objek penelitian ini sebanyak 1.988 warga Jawa Tengah berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah dan tersebar secara proposional di 35 kabupaten/kota di Jateng.

"Metode wawancara survei dilakukan dengan cara tatap muka, yaitu responden diwawancara secara langsung dengan menggunakan kuesioner," ujar Heru dalam keterangannya, Senin (27/5/2024).

Heru menjelaskan dari penelitian awal didapati nama-nama tokoh yang berpotensi maju sebagai calon Gubernur Jawa Tengah di antaranya Hendrar Prihadi (mantan Wali Kota Semarang/Kepala LKPP), Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul ( Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah), Ahmad Lutfi (Kapolda Jawa Tengah), Sudaryono (Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah), Dico Ganinduto (Bupati Kendal), dan Yusuf Chudlori (Ketua DPW PKB Jawa Tengah), dan Taj Yasin (mantan wakil gubernur Jateng)

Dalam uji akseptabilitas masyarakat terhadap tokoh tokoh tersebut didapati hasilnya nama Hendrar Prihadi memiliki tingkat akseptabilitas sebesar 70,1 persen. Namun yang menarik ada di posisi kedua, yakni Sudaryono selaku Ketua DPD Gerindra Jateng.

"Kemudian Sudaryono 69,8 persen, Bambang Wuryanto 61,8 persen, Taj Yasin 60,6 persen, Ahmad Lutfi 57,3 persen, Dico Ganinduto 53,7 persen, dan Yusuf Chudlori 52,8 persen," ujar dia.

Hasil survei terbaru menunjukkan sosok Sudaryono menjadi pilihan masyarakat sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close