Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Telemedicine Booming di Masa Pandemi Covid-19, IAKMI Beri Saran Begini

Rabu, 17 November 2021 – 23:38 WIB
Telemedicine Booming di Masa Pandemi Covid-19, IAKMI Beri Saran Begini - JPNN.COM
Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Dr Hermawan Saputra dan CEO KlikDokter Hendra Heryanto Tjong. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Telemedicine menjadi andalan masyarakat untuk mencari informasi, berkonsultasi dengan dokter, dan membeli obat-obatan selama pandemi.

Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Dr Hermawan Saputra, SKM MARS CICS mengatakan untuk memaksimalkan penggunaan telemedicine, pelaku usaha harus mampu membawa transformasi digital yang dapat dirasakan masyarakat secara seamless.

Tujuan dari digitalisasi bidang kesehatan dan farmasi ialah menjaga aksesibel layanan dan biaya yang terjangkau oleh berbagai kalangan. 

"Beberapa upaya dalam komoditi, sumber daya, pelayanan kefarmasian, pengawasan, dan pemberdayaan masyarakat telah dilakukan agar terciptanya kemandirian dalam manajemen dan informasi kesehatan," tutur Hermawan Saputra dalam webinar bertajuk 'Peran Digitalisasi Dalam Pengembangan Inovasi dan Bisnis di Industri Farmasi,' Rabu (17/11).

Dia melanjutkan sistem rujukan fasilitas kesehatan sudah mengarah ke TIK based yang terpadu.

Pelayanan kesehatan berbasis telemedicine sudah mencangkup konsultasi komunikasi, informasi dan edukasi (KIE); konsultasi klinis (Anamnesa), pemeriksaan fisik tertentu yang dilakukan melalui audiovisual.

Selanjutnya pemberian anjuran yang dibutuhkan berdasarkan hasil pemeriksaan penunjang dan/atau hasil pemeriksaan fisik tertentu; penegakan diagnosis; penatalaksanaan dan pengobatan pasien; penulisan resep obat dan/atau alat kesehatan, diberikan kepada pasien sesuai dengan diagnosis.

"Juga penerbitan surat rujukan untuk pemeriksaan atau tindakan lebih lanjut ke laboratorium dan/atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya sesuai hasil penatalaksanaan pasien," kata Hermawan dalam paparannya.

Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) mengungkapkan telemedicine menjadi andalan masyarakat di masa pandemi Covid-19

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close