Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tidak Lolos jadi Peserta Pemilu 2024, Partai Ummat Resmi Menggugat KPU

Jumat, 16 Desember 2022 – 16:25 WIB
Tidak Lolos jadi Peserta Pemilu 2024, Partai Ummat Resmi Menggugat KPU - JPNN.COM
Tim Advokasi Hukum Partai Ummat seusai mengajukan permohonan penyelesaian sengketa proses Pemilu 2024 di Bawaslu, Jumat (16/12) Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Partai Ummat yang didirikan Amien Rais resmi menggugat Komisi Pemilihan Umum atau KPU ke Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu.

Laporan itu dibuat setelah Partai Ummat dinyatakan tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2024.

Ketua Tim Advokasi Hukum Partai Ummat Denny Indrayana menyatakan pihaknya secara resmi telah mengajukan permohonan penyelesaian sengketa proses Pemilu 2024.

"Ada pengumuman hasil verfikasi faktual Partai Ummat dianggap tidak memenuhi syarat oleh KPU. Kami dengan tegas menyatakan keputusan itu keliru," kata Denny di Bawaslu, Jakarta, Jumat (16/12).

Dia menyebutkan pengajuan itu sebagai bukti bahwa Partai Ummat tidak hanya memenuhi syarat, tetapi layak menjadi peserta Pemilu 2024.

"Bagaiaman nanti proses selanjutnya lihat nanti, tetapi kami tidak hanya datang dengan keberatan saja, kami membawa bukti-bukti," lanjutnya. 

Dia juga meyakini dalam proses mediasi dengan KPU nanti, Partai Ummat akan dapat lolos.

"Namun, kami juga bersiap jika harus masuk ke proses ajudikasi, dan itu akan kami lalui dengan keyakinan," pungkas Denny. (mcr8/jpnn)

Partai Ummat yang didirikan Amien Rais secara resmi menggugat KPU ke Bawaslu setelah dinyatakan tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close