Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tingkatkan Daya Saing UMKM di Pasar Global, Ini yang Dilakukan Bea Cukai

Selasa, 02 Mei 2023 – 23:48 WIB
Tingkatkan Daya Saing UMKM di Pasar Global, Ini yang Dilakukan Bea Cukai - JPNN.COM
Bea Cukai terus mendorong pelaku UMKM agar naik kelas dan meningkatkan daya saing di pasar global. Foto: ilustrasi/dokumentasi humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Salah satunya melalui program asistensi pendampingan ekspor, seperti yang telah dilaksanakan di Tangerang Selatan, Bogor, dan Kudus.

“Kegiatan ini bertujuan mendorong pelaku UMKM agar naik kelas dan meningkatkan daya saing di pasar global,” kata Hatta Wardhana, Selasa (2/5).

Seperti diketahui, UMKM adalah sektor yang sangat strategis dan potensial sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

Karena itu, diperlukan pengembangan dan pemberdayaan UMKM sebagai ketahanan perekonomian nasional.

Melalui asistensi ekspor, Bea Cukai memberikan sosialisasi, berupa tata laksana ekspor kepada para pelaku UMKM yang memiliki produk potensial dan penyiapan dokumen ekspor bagi para pelaku UMKM yang telah siap ekspor.

Hasilnya pada Maret lalu, Cartenz Cocoa, salah satu UMKM binaan Bea Cukai Banten berhasil mengirim sampel cocoa powder sebanyak satu kilogram ke Turki.

“Setelah pengiriman sampel, rencananya akan dilakukan pengiriman sebanyak 11 metrik ton ke India dan 17 metrik ton ke Turki pada Mei," beber Hatta.

Bea Cukai terus mendorong pelaku UMKM agar naik kelas dan meningkatkan daya saing di pasar global, ini yang dilakukannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close