Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Momen Lebaran

Selasa, 09 April 2024 – 23:05 WIB
Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Momen Lebaran - JPNN.COM
Ilustrasi menyikat gigi. Foto: pepsodent

jpnn.com, JAKARTA - Tradisi merayakan Idulfitri salah satunya dengan memenuhi meja rumah dengan makanan dan minuman bervariasi yang mengandung gula, santan, hingga berlemak.

Kondisi tersebut tentu dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut.

Oleh karena itu, drg. Gagah Daru Setiawan, MM., Wakil Ketua Umum II Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) mengingatkan untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut dari penumpukan lemak dan plak.

"Saat mengonsumsi makanan berlemak, lemak akan menempel di permukaan gigi. Oleh karena itu, sebaiknya menggosok gigi setelah makan makanan berlemak untuk mencegah sisa lemak menempel di gigi dan gusi," kata dia dalam keterangannya, Selasa (9/4).

"Selain itu, membatasi olahan siap saji dan makanan manis, serta menjaga asupan gizi dengan mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk gigi seperti sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat agar memudahkan sisa makanan terbawa ketika makan."

Gagah Daru menambahakan apabila ada keluhan, segera konsultasi maupun periksa ke dokter gigi profesional.

“Tak lupa, masyarakat juga perlu minum air putih delapan gelas setara dengan 2 liter per hari, atau minum teh hijau maupun hitam agar tubuh tidak terhidrasi. Hal ini efektif mencegah peradangan pada gusi serta bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara umum,” lanjutnya.

Terkait dengan mudik, drg. Gagah juga memberikan saran agar tetap menjaga kondisi tubuh secara utuh, salah satunya dengan melakukan olahraga ringan, agar tubuh tidak ‘kaget,’ mengingat perjalanan mudik butuh waktu relatif lebih panjang.

Drg. Gagah Darumengingatkan untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut dari penumpukan lemak dan plak selama momen lebaran Idulfitri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close